Jelang Akhir Tahun, Dirbinmas Polda Banten Gelar Rapat Anev Internal

SERANG – Dirbinmas Polda Banten AKBP Sofwan Hermanto pimpin rapat analisis dan evaluasi (Anev) sebagai tindak lanjut arahan Kapolda Banten dalam mewujudkan Pers Ditbinmas Polda Banten berjiwa Pendekar guna mendukung Program Polri Yang Presisi. (29/11).

Dirbinmas Polda Banten AKBP Sofwan Hermanto mengatakan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja di jajaran Ditbinmas Polda Banten. “Diakhir bulan November 2021 perlu melalukan evaluasi dari personel Ditbinmas, mulai dari peran Subdit Bintibsos, Subdit Polmas, Subdit Bhabinkamtibas termasuk Subdit Binsatpam/polsus,” ungkap AKBP Sofwan.

“Bagbinopsnal selaku penggerak atau mesin dari tiap-tiap bidang harus proaktif menggerakkan masing masing Subdit hingga Jajaran Satuan Binmas Polres termasuk para Bhabinkamtibmas,” lanjut AKBP Sofwan.

Sofwan menambahkan bahwa sebanyak 682 Bhabinkamtibmas yang tersebar di Desa/Kelurahan perlu diberikan motivasi karena mereka menjadi ujung tombak dan etalase Pers Polda Banten yang hadir di Desa Binaan Daerah Hukum Polda Banten. “Untuk itu, perlu dipersiapkan waktu untuk mengevaluasi kinerja semua Bhabinkamtibmas, apakah mereka telah bekerja sesuai arah bijak dan terkendali atau sebaliknya, sehingga perlu pembinaan kepada para Bhabinkamtibmas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sofwan menjelaskan bahwa menjelang Natal dan Tahun Baru, peran Bhabinkamtibmas sangat penting untuk menghimbau kepada Masyarakat untuk merayakan tahun baru di rumah dan tidak perlu mudik, bila masyarakat akan mudik, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. “Selain itu, Bhabinkamtibmas yang dibantu oleh para Satpam dalam menjalankan tugasnya, maka tugas Polri akan semakin ringan, namun saat ini terkendala belum diperoleh Jumlah Satpam yang ada, termasuk strategi pengendalian para Satpam yang ada. Kasubdit Satpam lakulan langkah langkah strategis untuk melalukan pendataan Satpam, selanjutnya lakukan koordinasi yang baik dan berikan pembinaan dalam menjalankan Fungsi Kepolisian terbatas,” jelasnya.

“Selain itu, Binmas sebagai pengemban Fungsi Preemtif dan Preventif, maka perlu dipersiapkan untuk Anev Virtual kepada seluruh Anggota Binmas agar dapat mewujudkan Polri yang Presisi,” tutupnya.

Di akhir pembicaraan Dirbinmas menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah wadah untuk mengevaluasi hasil kegiatan Ditbinmas di tahun 2021, serta guna memotivasi seluruh personel Ditbinmas agar dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik, selanjutnya menentukan langkah-langkah yang perlu diambil ke depan. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …