Kabidkum Polda Banten Pimpin Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94

Serang-Polda Banten menggelar upacara peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Polda Banten pada Kamis (22/12).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan ini Kabidkum Polda Banten Kombes Pol Yuliani, selaku Komandan Upacara Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Banten Kompol Herlia Hartarani yang diikuti 5 kompi personel gabungan Polda Banten.

Pada kesempatan ini Inspektur Upacara membacakan amanat dari Kapolda Banten. Dalam amanatnya Kabidkum mengatakan peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia,” kata Yuliani.

Yuliani menambahkan deklarasi pertama kali Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. “Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri,” tambahnya.

Perjalanan panjang selama 94 tahun telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global serta multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. “Arti penting dari lahirnya Peringatan Hari Ibu adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyatakat Indonesia,” terang Yuliani membacakan amanat Kapolda Banten.

Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan. “Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan panjang. Atas dasar inilah Peringatan Hari Ibu ke-94 mengangkat tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” jelas Yuliani.

Diakhir, Yuliani mengajak semua perempuan untuk menunjukkan potensi maksimal, ciptakan gagasan dan pemikiran, bangun kreativitas dan inovasi serta mampu menjadi sosok yang mandiri untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas. “Sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa. Selamat Hari Ibu bagi perempuan-perempuan Indonesia yang tangguh dan luar biasa. Perempuan berdaya, Indonesia Maju,” tutup Yuliani. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Anev Operasi Ketupat Maung 2024 Bidang Lalu Lintas Polda Banten

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten telah melaksanakan Operasi Ketupat Maung 2024. Operasi Ketupat ini berlangsung …