Kapolres Pandeglang Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Maung 2022

Pandeglang-Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah menjadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Maung 2022 Polres Pandeglang yang dilaksanakan di Pancaniti Alun-alun Kabupten Pandeglang pada Kamis (22/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, Dandim 0601 Letkol Inf Jani Setiadi, Ketua Pengadilan Negeri Pandeglang Hendhy Eka Chandra, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Helena Octavianne, Dansubdenpom III / 4 – 3 Pandeglang Letda CPM Herman, Ketua Komisi I DPRD KabupatenPandeglang Endang Sumantri, Kadishub Kabupaten Pandeglang Atang Suhana, Kasat Pol PP Kab. Pandeglang Bunbun Buntaran, Tokoh Agama Cisantri Kab. Pandeglang K.H Asep, Wakapolres Pandeglang Kompol Andi Suwandi, Pejabat Utama Polres Pandeglang, serta para Kapolsek Jajaran Polres Pandeglang dan tamu undangan lainnya.

Pasukan upacara terdiri dari anggota Subdenpom, Kodim 0601/Pandeglang, Polres Pandeglang, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan Dinas Kesehatan.

Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah membacakan amanat dari Kapolri yang intinya bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan oleh Polri ini adalah Operasi terpusat dan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya,” kata Belny.

Kapolres mengatakan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2022 yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023.

“Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” lanjut Belny.

Kemudian Belny menjelaskan beberapa penekanan Kapolri. “Agar setiap personel menyiapkan mental, fisik dan menjaga kesehatan, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi dalam ganguan Kamtibmas seperti aksi terror dan kriminalitas lainnya, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, mantapkan sinergitas dan soliditas dengan para pihak yang terlibat demi keberhasilan Operasi,” tutur Belny.

Untuk diketahui, di wilayah hukum Polres Pandeglang sendiri telah didirikan 2 Pospam dan 1 Posyan meliputi, Pospam Mengger, Pospam Karangsari, dan Posyan Alun-alun Pandeglang yang melibatkan 321 anggota Polres Pandeglang yang akan dibantu oleh petugas gabungan lainnya. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Polres Serang Laksanakan Patroli Rumah Kosong yang Ditinggal Warga Mudik

Polres Serang meningkatkan intensitas patroli pada jam-jam rawan dan rumah kosong yang ditinggalkan para pemudik …