Pastikan Keamanan dan Kesehatan, Kanit Propam Polsek Purwakarta Polres Cilegon Cek dan Kontrol Tahanan

Cilegon – Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Pawas Ps. Kanit Propam Bripka Asep Saepudin dan Ka SPK Aipda Ermaya rutin melaksanakan pengecekan dan kontrol ruang tahanan Polsek Purwakarta Polres Cilegon guna memastikan tahanan di dalam sehat dan aman pada Rabu, (25/10/2023).

Dalam pelaksanaanya, Pawas dan Ka SPKT rutin melakukan cek dan kontrol baik dalam dan jumlah tahanan yang di dalam mengingatkan kepada para penghuni ruang tahanan agar mengikuti aturan serta menjaga ketertiban dan kebersihan sel tahanan.

Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Untoro kepada Kapolsek Purwakarta Polres Cilegon IPTU H. Iwan Sofiyan mengatakan bahwa anggota yang akan melaksanakan tugas piket penjagaan harus lebih peka dan waspada terhadap tahanan selain itu juga mempunyai kewajiban mengecek.

“KSPKT Aipda Ermaya memeriksa kelengkapan ruang tahanan meliputi pengecekan CCTV, gembok (kunci) jeruji rutan, serta Alat Pemadam Kebakaran (APAR) apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak,” ujarnya.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi ruang tahanan maupun keadaan tahanan dan jumlah tahanan. Jangan sampai ada tahanan yang melarikan diri atau pun sakit bahkan meninggal dunia dalam ruang tahanan,” jelas Kapolsek.

“Sementara itu, untuk menjaga kesehatan tahanan agar tetap bugar dan sehat petugas tidak lupa mengarahkan seluruhnya untuk olahraga bersama rutin setiap pagi hari dan sore hari serta menjaga kebersihan ruang tahanan,” tegasnya.

“Kami juga selalu menekankan kepada personel untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiap jam sesuai dengan SOP,” tuturnya.

“Kita tidak boleh lengah, dan segera laporkan kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan,” pungkas Kapolsek.

 

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …