Polda Banten Gelar Apel Besar bersama Bhabinkamtibmas, Pengamanan Pilkades 2019

img-20190827-wa0029

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Serang- Kepolisian daerah (Polda) Banten menggelar Apel besar bhabinkamtibmas dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa di wilayah hukum polda banten tahun 2019, di lapangan mapolda banten, selasa (27/8/2019), pukul 09:00 WIB

Apel besar bhabinkamtibmas 2019 ini, di Pimpin oleh Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Tomex Korniawan dan turut dihadiri oleh Irwasda Polda Banten, Para Pejabat Utama Polda Banten, Para Kapolres/ta Jajaran Polda Banten, Para Kasat Binmas, Kapolsek dan Seluruh bhabinkamtibmas yang berjumlah 808 Personil, bhabinkamtibmas dari polres jajaran polda banten.

Dalam sambutannya Wakapolda Banten membacakan amanat dari Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si bahwa apel ini merupakan sebuah wahana yang sangat strategis untuk melakukan pengecekan kekuatan dan kesiapan babinkamtibmas dalam menghadapi agenda pilkades serentak di wilayah hukum polda banten, sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk meningkatkan peran bhabinkamtibmas guna menghadapi tantangan tugas serta tuntutan dan harapan masyarakat terhadap polri yang semakin berkembang.

“Tantangan saat ini akan dihadapkan dengan pengamanan pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan secara serentak, dimulai bulan agustus ini hingga tahap pelantikan nya nanti. Dimana pada setiap tahapan pemilihan yang akan digulirkan, terdapat berbagai kerawanan kamtibmas yang perlu kita antisipasi bersama, mencermati situasi kamtibmas dan tantangan tugas yang semakin kompleks, maka bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan polri yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat tentunya memiliki peranan yang sangat strategis dalam menjawab tantangan tugas polri dan melakukan berbagai upaya untuk meraih public trust,” Katanya.

Kemudian wakapolda mengatakan bahwa sampai saat ini kekuatan bhabinkamtibmas polda banten adalah sebanyak 808 yang bertugas pada 139 kelurahan dan 1160 desa yang tersebar di seluruh wilayah hukum polda banten.

“mencermati hal tersebut, kapolda banten berkomitmen untuk melaksanakan program prioritas kapolri yaitu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas dengan agenda melakukan upaya pemenuhan satu bhabinkamtibmas untuk satu desa secara bertahap,” Ujarnya.

Terakhir wakapolda menyampaikan penekanan dan harapan kepada seluruh bhabinkamtibmas untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa sebagai landasan komitmen moral dalam memberikan perlindungan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, terus tingkatkan kompetensi dan profesionalisme serta pedomani peraturan kapolri nomor 3 tahun 2015 tentang pemolisian masyarakat dan buku petunjuk pelaksanaab tugas bhabinkamtibmas, selanjutnya tingkatkan sinergitas polisional dengan seluruh komponen masyarakat intensifkan penyampaian pesan kamtibmas melalui kegiatan sambang door to door sistem, sehingga akan terbangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

“Jaga soliditas, tingkatkan koordinasi dan berdayakan peranan tiga pilar kamtibmas bersama babinsa dan kepala desa atau lurah, tingkatkan intensitas keberadaan bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, pahamilah bahwa keberadaan saudara merupakan representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat, jadikan diri saudara sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat menyakiti hati masyarakat, tingkatkan akuntabilitas kinerja dengan membuat laporan secara berjenjang terkait pelaksanaan bhabinkamtibmas, jaga dan peliharaan sarana investaris dengan baik sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas di lapangan, dan terakhir kepada para pimpinan bhabinkamtibmas, tingkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap para bhabinkamtibmas, serta lakukan analisa dan evaluasi kinerja secara berkala sehingga kinerja para bhabinkamtibmas dapat terpelihara dengan baik.” Imbuhnya.

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …