Polda Banten Ikuti Vicon Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi di Daerah

Serang – Kepala Biro Perencanaan Umum dan Anggaran (Karorena) Polda Banten Kombes Pol Wingky Adhityo Kusumo mengikuti Video Conference (Vicon) dalam rangka rapat koordinasi pengendalian inflasi daerah yang dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian di Ruang Rapat Setda Provinsi Banten pada Senin (21/11).
Kegiatan ini diikuti Kepala Dinas Bappeda Provinsi Banten Mahdani, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus, Kepala Dinas Perindag Banten Babar Suharso, dan unsur Forkopimda Provinsi Banten.
Saat dikonfirmasi Wingky mengatakan vicon ini dilaksanakan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi nasional. “Hari ini saya mengikuti video conference yang dipimpin langsung Mendagri Tito Karnavian untuk mendapatkan arahan terkait stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi nasional,” kata Wingky.
Wingky mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti vicon yang sudah digelar sebelumnya. “Kegiatan ini menindaklanjuti vicon sebelumnya yang telah digelar,” katanya.
Dirinya mengungkapkan dalam arahannya Mendagri membahas mengenai stabilisasi pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi nasional. “Mendagri mengingatkan kepada dinas pangan baik tingkat provinsi, kota maupun kabupaten untuk lebih proaktif dalam upaya mobilisasi bahan pangan dari daerah surplus ke daerah defisit dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta melakukan rakor dengan stakeholder terkait dalam pengendalian inflasi pangan,” kata Wingky.
Wingky menambahkan arahakan Mendagri terkait upaya konkrit Pemda dalam penanganan inflasi daerah. “Ada 6 upaya yang bersifat konkrit dilakukan Pemda yaitu melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT, dan dukungan transportasi dari APBD,” tambahnya.
Selanjutnya, Mendagri meminta seluruh pemerintah daerah dan stakeholder terkait dapat bersinergi bersama menghadapi inflasi. “Kepada seluruh kepala daerah dan stakeholder terkait untuk dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama dalam menghadapi dan mengantisipasi inflasi di wilayah masing-masing,” jelas Tito.
Kemudian Tito juga mengungkapkan akan terus memantau situasi inflasi di daerah-daerah, “Kemendagri akan terus memantau situasi inflasi di daerah-daerah agar dapat membuat kebijakan yang tepat dan sesuai dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah,” ucapnya.

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …