Polres Serang Kota Laksanakan Apel Persiapan Pengamanan Aksi Unras

SERANG KOTA | Propam Polres Serang Kota Polda Banten melaksanakan apel pengamanan kegiatan prokes aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh (ASPSB) Kab. Serang ke Kantor Bupati Kab. Serang. Selasa (23/11/2021)

Kegiatan di Halaman Alun-Alun Barat Kota Serang dengan sasaran :
1. Absensi kehadiran personel
2. Pengamanan personel
3. Senpi personel
4. Alat pendukung pengamanan aksi
5. Sikap tampang dan gampol personel
6. Kegiatan aksi unjuk rasa

Adapun tujuan di laksanakan nya apel ini untuk pengamanan aksi unjuk rasa, dan merupakan dalam rangka pelayanan Polisi kepada masyarakat terkait penyampaian aspirasi di muka umum, dimana dalam pelaksanaan personel Polri dapat melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan tidak terpancing emosi oleh massa aksi, sehingga kegiatan berjalan dengan aman dan tertib serta situasi wilayah hukum Polres Serang Kota tetap kondusif.

Hadir dalam kegiatan antara lain :
1. Dir Samapta Polda Banten
2. Kapolres Serang Kota
3. Kapolres Serang
4. Danyon A Sat. Brimob Polda Banten
5. Waka Polres Serang Kota
6. Kabag Ops Polres Serang Kota
7. Kasi Pasdal Dit Samapta Polda Banten
8. PJU Polres Serang Kota
9. Danramil Serang
10. Kasi Propam Polres Serang Kota
11. Kasubbagbinops Bag Ops Polres Serang Kota
12. Kaur Binplin Subdit Provos Bid Propam Polda Banten
13. Kanit Hartib Subdit Provos Bid Propam Polda Banten
14. Personel Dit Samapta Polda Banten
15. Personel Bid Propam Polda Banten
16. Personel Sat. Brimob Polda Banten
17. Personel Polres Serang Kota
18. Personel Bid Humas Polda Banten
19. Personel Sat. Pol PP Kab. Serang

Personel pengamanan sesuai surat perintah nomor : Sprint/4882/PAM.3.2/2021, tanggal 22 November 2021 sebagai berikut :
Jumlah : 100 Pers
Kurang : 2 Pers
Hadir : 98

Rangkaian kegiatan aksi unjuk rasa sbb :

Pukul 10.35 WIB

Pelaksanaan apel dan pengamanan kegiatan aksi unjuk rasa (unras) yang dilakukan oleh Aliansi Serikat Pekerja Serikat Buruh (ASPSB) Kabupaten Serang ke Kantor Bupati dan DPRD Kab. Serang, dimana Kompol Yudha Hermawan, S.H., M.M (Kabag Ops Polres Serang Kota) telah memberikan APP pada personel untuk tidak terpancing emosi dan melaksanakan pengamanan sesuai SOP, kemudian apabila membawa senpi agar dititipkan ke personel Propam Polres Serang Kota.

Pukul 17.00 WIB

Massa aksi unras sekira sebanyak 500 orang tiba di depan pendopo Kab. Serang dengan dilakukan pengawalan oleh personel Sat. Lantas Polres Serang Kota, dimana personel pengamanan sudah membentuk dalmas awal yang dipimpin oleh Padal Kapolsek Serang, sebagaimana mengikuti peraturan Kapolri No Pol : 16 tahun 2006 tentang Pedoman pengendalian Massa.

Pukul 17.15 WIB

Perwakilan Dewan Pengupahan Serikat Buruh Kab. Serang ingin naik ke mimbar mobil soundsystem untuk menyampaikan hasil rapat dengan dewan pengupahan lainnya bersama Pemda Kab. Serang serta pihak perusahaan, namun terhalang oleh barikade kawat berduri yang dipasang oleh petugas pengamanan, kemudian massa aksi menarik kawat berduri tersebut agar Perwakilan Dewan Pengupahan Serikat Buruh Kab. Serang bisa lewat.

Pukul 17.30 WIB

Orator melakukan orasi kembali dan Perwakilan Dewan Pengupahan Serikat Buruh Kab. Serang naik ke mobil komando/soundsystem kemudian menyampaikan hasil dari rapat dengan pihak Pemda Kab. Serang serta perwakilan perusahaan kepada massa aksi buruh lainnya.

Pukul 18.00 WIB

Massa aksi langsung membubarkan diri, dan kembali ke titik kumpul serta akan melakukan aksi unjuk rasa kembali keesokan harinya ke KP3B Kantor Gubernur Banten.

Pukul 18.23 WIB

Apel konsolidasi yang diambil oleh Waka Polres Serang Kota.

Kegiatan aksi unjuk rasa di depan Pendopo Kab. Serang berjalan aman dan lancar.

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …