Pos Khidmat Kuatkan Toleransi Antar Umat

img-20170806-wa0022

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN –  Kapolresta Tangerang AKBP M. Sabilul Alif, SH, SIK, MSI, kembali melaksanakan Pos Khidmat, Minggu (6/8). Beda dengan sebelumnya, Pos Khidmat kali ini saya laksanakan di Gereja Katolik Santa Odilia Citra Raya, Kecamatan Panongan. Sebab Pos Khidmat kali ini adalah Polisi Ceramah Kamtibmas Kepada Jemaat.

“Pos Khidmat didesain dalam bingkai Kebhinekaan. Saya sanpaikan kepada jemaat pesan kamtibmas. Saya katakan, semua elemen dan unsur agama harus dikelola dengan baik. Sebab, hal itu adalah potensi untuk memperkuat kebersamaan umat,” ujar Kapolres.

Intensitas silaturahmi antar umat beragama harus ditingkatkan. Hal itu untuk merespons tantangan umat beragama yang kian hari kian kompleks. Kondisi yang demikian disebakan dinamika sosial yang berjalan begitu cepat.

Oleh karena itu, dirinya mengajak semua kalangan untuk melakukan berbagai upaya agar keharmonisan senantiasa terpelihara. komunikasi harus semakin ditingkatkan agar mengurangi terjadinya kesalahpahaman antar warga dan antar umat beragama.

Tidak hanya itu, komunikasi juga begitu penting agar bisa terhindar dari arus informasi negatif. Kerukunan umat beragama akan terwujud apabila semua orang menjunjung tinggi rasa toleransi.

Toleransi yang komprehensif adalah toleransi yang saling menghormati dalam satu agama yang sama dan yang berbeda. Memberi waktu dan rasa aman, nyaman kepada umat untuk beribadah sesuai dengan agamanya adalah salah satu contoh bentuk toleransi yang menyeluruh.

“Jangan melakukan diskriminasi terhadap suatu agama. Saat suatu agama butuh bantuan, agama apa pun itu kita harus saling tolong menolong. Semua umat harus menjaga rasa hormat kepada orang lain tanpa memandang latar belakang agama,” tegas Kapolres.

Kapolres menambahkan, Indonesia adalah negara majemuk. Perbedaan adalah keniscayaan. Keberagaman adalah kekayaan. Saya berharap Pos Khidmat dapat berperan memperat persatuan Indonesia.

Penulis : Humas Polresta Tangerang
Editor   : P. Winoto
Publish : Irwan Nova

About

Check Also

Alumni Akabri 1989 Gelar Vaksinasi dan Baksos di  Ponpes Tahfidz Irhamna Bil Qur’an Pandeglang

  PANDEGLANG – Momen istimewa 33 Tahun pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus menyambut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *