Satbrimob Polda Banten Gelar Latihan TPTKP dan Olah TKP

Serang – Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Banten gelar latihan Penyidik Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang dilaksanakan di Markas Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Banten pada Selasa ( 23/08)

Latihan penyidik TPTKP dan olah TKP untuk unit atau regu taktis Brimob ini diberikan dengan maksud dan tujuan agar personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Banten dapat membekali kemampuan perorangan pada situasi tertentu khusus seperti konflik sosial, rusuh massa, pertempuran hutan dan Karhutla.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Banten  Kombes Pol Dede Rojudin mengatakan secara teknis, kemampuan TPTKP dan olah TKP hanya dimiliki oleh tim INAFIS Satuan kewilayahan, “Namun latihan kami laksanakan untuk menambah pengetahuan dan membekali anggota agar saat berada di medan operasi khususnya di tengah hutan minimal kami dapat mengamankan TKP sebelum INAFIS kewilayahan tiba di lokasi sehingga informasi terkait tindak pidana yang terjadi di TKP dapat kita berikan kepada penyidik dengan akurat,” ujar Dede Rujidin.

Lebih lanjut Dede Rojudin  juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan satuan, utamanya di daerah operasi yang mana pada situasi tertentu unit taktis Brimob ini bisa berperan sebagai tim olah TKP.

“Rencananya ke depan anggota Brimob yang telah dilatih TPTKP dan Olah TKP serta dinyatakan sudah mahir akan diajukan Surat Keputusan (Skep) sebagai penyidik pembantu, tentu nya dengan pangkat yang memenuhi syarat sebagai penyidik pembantu sehingga ada payung hukum saat kami melaksanakan tugas tersebut utamanya saat berada di medan operasi,” tutup Dede Rojudin. (Bidhumas).

About admin

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …