Satuan Brimob Polda Banten Latihan SAR Laut di Pantai Carita

Pandeglang – Satuan Brimob Polda Banten melaksanakan Pelatihan SAR laut yang terdiri dari renang laut dan materi mendayung bagi Bintara remaja angkatan 48 Brimob Polda Banten. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan SAR dan berenang di Pantai Carita, Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Banten pada Rabu (08/03).

Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin membenarkan kegiatan tersebut. “Latihan SAR laut ini untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalitas personel Brimob Banten,” kata Dansat Brimob Polda Banten.

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh personel Brimob Polri adalah SAR laut.

“Sesuai dengan arti kata SAR yang berarti search atau pencarian dan rescue berarti pertolongan atau penyelamatan, maka dalam kegiatan operasional SAR dibutuhkan ilmu pengetahuan dan keterampilan teknis SAR serta beberapa disiplin ilmu sebagai penunjang/pendukung kegiatan di lapangan,” jelas Dede.

Menurut dia, pelatihan ini sebagai cara untuk mensinergikan gerakan pada saat terjadi bencana atau musibah di air dan wujud pembinaan personel dalam membekali kemampuan perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas di lapangan.

Tujuan lainnya adalah untuk membentuk mental setiap personel apabila dibutuhkan untuk bergerak di lautan lepas. “Latihan SAR laut ini sangat membutuhkan kesiapan fisik yang prima dan dilandasi dengan profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan sehingga pelaksanaan latihan dapat dicapai dengan optimal,” tutur Dede.

Adapun Dede menjelaskan sasaran dari kegitan latihan tersebut. “Sasaran latihan ini adalah untuk menjaga ketahanan personel dan evakuasi korban laka laut, serta untuk sarana mendidik, melatih personel agar paham akan tugas pokok masing-masing dan lebih profesional,” tandasnya.

Teknik penyelamatan yang baik tidak hanya mempermudah penolong dalam melakukan penyelamatan. Namun, dapat menjamin keselamatan si penolong itu sendiri. “Latihan SAR laut ini mengajarkan beberapa hal yang didalamnya terdapat kemampuan renang, teknik dayung pecah gelombang balik perahu, dan teknik evakuasi serta penyelamatan korban di laut berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban,” tutupnya. (Bidhumas).

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …