Sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Membumi Bersama Masyarakat di Wilkum Polsek Pabuaran

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Serang- Polsek Pabuaran Polres Serang Kota Polda Banten, aktualisasi sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa lakukan sambang warga di wilkum Polsek Pabuaran. Jumat, 08/08/2020.

Selaras dengan dinamika pada lini kehidupan masyarakat yang terus berkembang dan semakin kompleks, maka diperlukan kehadiran sosok Bhabinkamtibmas Polri untuk aktualisasi program kerja dan sinergitas dalam rangka pelayanan dan cipta kondisi untuk harkamtibmas.

Mereka adalah para Bhabinkamtibmas Polsek Pabuaran bertugas pada desa binaan di wilayah Kec.Pabuaran dan Kec.Gunungsari, bersama Babinsa dan Kades bersinergi dan aktif lakukan patroli dialogis serta sambang warga dalam upaya kemitraan dan pemecahan masalah sosial.

“Patroli dialogis dan sambang warga ini merupakan upaya untuk deteksi dini, penggalangan dan pemecahan masalah sosial serta minimalisir berbagai potensi gangguan kamtibmas dan berkembangnya penyakit masyarakat” ujar Bripka Iwan saat konfirmasi.

Dikaitkan dengan situasi saat ini, masih terjadi pendemi Covid-19 dan dibarengi beberapa dampak pada aspek ekonomi, sosial, budaya dan program asimilasi napi, sehingga diperlukan keaktifan dan kedekatan personal Polri dengan elemen masyarakat agar dapat tingkatkan peran aktif masyarakat, membentuk kader sadar hukum serta tanggap terhadap pencegahan terjadinya tindak pidana dan penyakit masyarakat.

Dikatakan Jaenal Kades Tanjungsari, “pak Iwan Bhabinkamtimas di desa saya, bersama Sertu Suhenda Babinsa rajin patroli dialogis untuk menjaga kamtibmas, ini membantu tugas saya selaku Kades demi tercapainya program pemerintahan dan pembangunan”.

Di tempat lain, disampaikan Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, SIK, M.Si melalui Kapolsek Pabuaran AKP Yudha Hermawan, SH, MM, bahwa situasi saat ini sangat dinamis dan strategis mengikuti peradaban, sehingga diterapkan motivasi dan kreatifitas “Polisi Membumi”. Maknanya Polisi senantiasa hadir dan dekat di tengah masyarakat, edukasi untuk jadi Polisi bagi diri sendiri dan masyarakat sadar hukum serta optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dan Intelijen untuk sinergitas dengan TNI dan elemen masyarakat guna pererat kemitraan dan pemecahan masalah sosial.

Dengan aktifnya patroli dialogis dan sinergitas 3 Pilar di desa berdaya guna pendekatan aktifitas dengan masyarakat, tingkatkan silaturahmi, pedoman protokol kesehatan dan kesiapan diri untuk adaptasi kebiasan baru di tengah pendemi Covid-19. Berikut hasil guna mendapat informasi yang akurat dan alternatif cara bertindak guna ciptakan kamtibmas yang kondusif serta masyarakat yang cerdas dan produktif, pungkasnya.

About

Check Also

Di Hari Keempat Penerapan PPKM Darurat, Sebanyak 43 Orang Dikenakan Sanksi Tertulis

KOTA SERANG – Sebanyak 43 pelanggaran ditemukan pada hari keempat pemberlakuan PPKM Darurat di Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *