Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Oleh Kapolres Cilegon di Man 1 Cilegon, Kapolres : Pemuda Adalah Aset Bangsa Yang Berharga

y

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Kapolres Cilegon memberikan Kuliah umum di MAN 1 Cilegon tentang empat pilar kebangsaaan, Kontra radikal, hukum dan Kamtibmas. Kapolres Cilegon dalam kuliah umumnya menyampaikan “Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, yang meliputi  Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, Rabu (18/01).

Untuk para pelajar yang masih remaja, materi Empat Pilar tentu tak semenarik film di bioskop dan televisi ataupun game online. Namun demi kepentingan bangsa dan negara serta masa depan genarasi muda, Polres Cilegon akan terus menjalankan sosialisasi Empat Pilar kepada semua kelompok masyarakat, termasuk pelajar.

Kapolres Cilegon menekankan kepada pelajar bahwa Tak bisa dipungkiri, pemuda adalah aset bangsa yang sangat berharga dan masa depan negeri ini bertumpu pada kualitas mereka. Namun ironisnya, kini tak sedikit kaum muda yang justru menjadi pelaku terorisme.

Beberapa faktor yang menyebabkan para pemuda terseret ke dalam tindakan terorisme, mulai dari kemiskinan, kurangnya pendidikan agama yang damai, gencarnya infiltrasi kelompok radikal, lemahnya semangat kebangsaan, kurangnya pendidikan kewarganegaraan, kurangnya keteladanan, dan tergerusnya nilai kearifan lokal oleh arus modernitas negatif.

Menurut Kapolres Cilegon, para pelajar yang memahami Empat Pilar semoga mempunyai Heroisme nasionalis yang tinggi dan kelak menjadi pemimpin yang amanah, termasuk menjadi pimpinan dan anggota Polri. Upaya yang dilakukan oleh Polres Cilegon  memperkuat pendidikan kewarganegaraan (civic education) dengan menanamkan pemahaman yang mendalam terhadap empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Melalui pendidikan kewarganegaraan, para pemuda didorong untuk menjunjung tinggi dan menginternalisasikan nilai-nilai luhur yang sejalan dengan kearifan lokal seperti toleransi antar- umat beragama, kebebasan yang bertanggungjawab, gotong royong, kejujuran, dan cinta tanah air serta kepedulian antar-warga masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Cilegon juga mengajak kepada para pelajar / siswa siswi sekolah untuk selalu mentaati segala bentuk peraturan dan perundanga-undangan yang berlaku agar tercipta terciptanya kesadaran hukum dan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Cilegon

About

Check Also

Kapolres Cilegon : Wisatawan Selain Warga Banten Akan diputer Balik

Cilegon- Saat ini Pandemi Covid19 masih berlangsung di Negara Kita sehingga pencegahan kerumunan, Pencegahan untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *