Tekan Angka Kecelakaan, Bhabinkamtibmas Polsek Labuan Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

img-20170414-wa0013

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN –  Labuan, Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyumbang angka tertinggi penyebab kematian manusia yang salah satu diantaranya disebabkan oleh faktor kelalaian manusia yang tidak mentaati aturan berlalulintas, seperti mengendarai kendaraan diatas batas normal kecepatan, tidak mengenakan kelengkapan berkendara seperti helm untuk sepeda motor dan sabuk pengamanan pada kendaraan roda empat atau lebih.

Kecelakaan lalu lintas diwilayah Labuan, Pandeglang, dapat dikatakan sering terjadi dikarenakan banyaknya masyarakat yang menjalani aktifitasnya sehari-hari menggunakan kendaraan bermotor yang didominasi roda dua. Akan tetapi pemandangan yang memprihatinkan saat ini melihat anak-anak dibawah umur menggunakan sepeda motornya untuk pergi ke sekolah.

Menyikapi hal itu Bhabinkamtibmas Polsek Labuan Desa Banyubiru Briptu Jamudin melaksanakan sambang ke desa binaannya dengan mendatangi pangkalan ojek dan menemui para tukang ojek. Dalam kegiatan tersebut Briptu Jamudin menyampaikan kepada warga masyarakatnya agar menyadari mengenai pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendara dan menjadikan keselamatan berlalu lintas sebagai sebuah kebutuhan.

“Harus dipahami betul bahwa pentingnya menjaga keselamatan saat menggunakan kendaraan bermotor, jadikan itu sebagai kebutuhan. Kalau bukan kita yang mawas diri, harus dimulai dari diri kita sendiri,” terang Briptu Jamudin kepada warga.

Hal tersebut disampaikan oleh Briptu Jamudin sebagai bentuk upaya menjaga keselamatan berkendara. Menggunakan helm ketika bersepeda motor dan melengkapi diri dengan surat-surat kendaraan serta SIM (surat izin mengemudi) merupakan ketentuan yang harus dipatuhi dan dijalankan. Jika usia anak SMP, tentu belum diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor dikarenkan belum memenuhi batas usia minimum kepemilikan SIM.

Ia  menghimbau kepada pengemudi ojek, jika memiliki anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar maupun menengah tidak memberikan atau membiarkan anak-anak nya untuk mengendarai sepeda motor sendiri untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“jangan biarkan anak-anak pergi dan pulang sekolah bawa sepeda motor sendiri, lebih baik antar jemput atau gunakan angkutan umum,” himbaunya.

Penulis : Humas Polres Pandeglang
Editor   : P Winoto
Publish : iman

About

Check Also

Bhabinkamtibmas Polsek Taktakan Polres Serang Kota Silaturahmi Warga binaan

Serang Kota | Polsek Taktakan Polres Serang Kota Polda Banten dalam rangka sinergi dan harkamtibmas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *