Tingkatkan Kemampuan Personel, Ditsamapta Polda Banten Gelar Latihan Pengendalian Massa

Serang-Seperti diketahui Pengendalian Massa (Dalmas) merupakan salah satu fungsi dari satuan kerja Direktorat Samapta. Keberadaan fungsi Dalmas sangat dibutuhkan dalam menjaga ketertiban masyarakat.

Sementara itu kehadiran Dalmas sangat penting terutama dalam setiap kegiatan pengamanan unjuk rasa atau demonstrasi. Dalam pengamanan unjuk rasa, Dalmas dapat mengurangi berkembangnya Potensi Gangguan (PG) menjadi Gangguan Nyata (GN).

“Oleh karena itu Subdit Dalmas Direktorat Samapta Polda Banten rutin melaksanakan latihan untuk meningkatkan kemampuan bagi ara personelnya,” kata Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Murwoto pada Rabu (09/11).

Pelatihan ini dipimpin oleh Danton dan Danki yang dikendalikan langsung oleh Kasubdit Dalmas dengan penanggung jawab Dirsamapta Polda Banten.

Dalam latihan ini juga dilengkapi dengan kendaraan Raisa, APC, Security Barier, Motor Raimas, Truck Box dan AWC. Murwoto mengatakan bentuk kegiatan pelatihan yang dilakukan berupa teori perundang-undangan dan Perkap tentang pengendalian massa. “Kemudian praktek pengendalian massa tentang formasi, penggunaan kendaraan dan penggunaan senjata Flash Ball serta Pepper Gun,” tambah Murwoto.

Selanjutnya adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah agar anggota Ditsamapta Polda Banten mengetahui dasar hukum pelaksanaan tugas dalam penanganan unjuk rasa. “Agar personel Ditsamapta Polda Banten mahir serta trampil dalam menggunakan Alsus Dalmas. Selanjutnya personel selalu siap jika sewaktu-waktu diperlukan dalam penanganan unjuk rasa maupun kegiatan pelayanan lainnya,” tutup Murworo. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

http://tribratanews.banten.polri.go.id/cegah-adanya-perang-sarung-anggota-polsek-rangkasbitung-polres-lebak-patroli-dialogis-taman-angklung/

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan pengaturan arus …