Bencana Banjir Landa Pandeglang Dan Lebak, Biddokkes Polda Banten Adakan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis

whatsapp-image-2017-02-13-at-09-52-29

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Musibah banjir yang melanda wilayah di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten terjadi sejak Kamis (5/2) hujan deras yang turun mengakibatkan air sungai meluap dan sebanyak 5.232 rumah terendam banjir.

Adapun 14 kecamatan kabupaten Lebak yang terendam banjir antara lain Kecamatan Banjarsari, Gunungkencana, Cijaku, Leuwidamar, Wanasalam, Bayah, Cigenblong, Lebakgedong, Cirinten, Cihara, Malingping, Kalanganyar, Cimarga, dan Sobang. Sebanyak 1.561 rumah terendam banjir dan daerah yang paling parah terendam banjir adalah Kecamatan Banjarsari sebanyak 444 rumah, Leuwidamar 526 rumah, dan Cijaku 227 rumah.

Sementara di Kabupaten Pandeglang, banjir juga melanda 13 kecamatan antara lain Kecamatan Munjul, Panimbang, Sobang, Cikeusik, Angsana, Sindangresmi, Sukaresmi, Pagelaran, Patia, Picung, Saketi, Labuan, dan Carita. Selain merendam rumah warga, kali ini banjir juga merendam ribuan hektar lahan pertanian sehingga menyebabkan aktivitas warga yang sehari-hari bertani lumpuh. Para korban saat ini diketahui mengungsi di masjid maupun dan kantor desa.

Melihat bencana yang terjadi begitu luas dampaknya, apalagi menyangkut kesehatan korban maka Tim Kesehatan Biddokkes Polda Banten dipimpin langsung oleh Kabid Dokkes Polda Banten AKBP Drg. Ahmad Fauzi, pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Februari 2016 melaksanakan kegiatan bakti sosial kesehatan kepada masyarakat yang menjadi korban di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Lebak.

Pada hari Sabtu, baksos kesehatan korban banjir dilaksanakan di Desa Girimukti Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak dengan total pasien mencapai 178 orang, sementara penyakit yang banyak diderita adalah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), Dermatitis/Gatal-gatal dan Myalgia/nyeri otot. Kemudian dilanjutkan ke desa Wantisari, kecamatan Leuwidamar, kabupaten Lebak dengan jumlah pasien mencapai 176 orang yang rata-rata menderita keluhan yang sama.

Pada Minggu, 12 Februari 2017 sebanyak 15 orang Tim Dokkes dibawah pimpinan Dr. Nurlita Kasubbiddokpol Biddokkes Polda Banten serta dibantu Tim Urkes Pandeglang melaksanakan baksos kesehatan korban banjir di wilayah kabupaten Pandeglang di desa Surianeun, kecamatan Patia, kabupaten Pandeglang, sebanyak 220 orang pasien mengeluhkan penyakit ISPA, gatal dan Mialgia.

About

Check Also

Jaga Kondusifitas, personel Polsek Cilegon Kawal Vaksinasi massal di ASA SPORT CENTER Cilegon

CILEGON – Personel Jajaran Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten kawal kegiatan Vaksinasi Tahap 1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *