Berangkat Dini Hari ke Filipina, Ini Tujuan Utama Delegasi Mabes Polri

Mabes Polri memberangkatkan 13 personel ke Filipina pada Minggu (11/12) dini hari. Delegasi yang dipimpin oleh Irjen Pol. Muh. Abdul Kadir, Anjak Utama Baintelkam Polri ini take off dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 01.10 Wib, menggunakan penerbangan Philipine Airlines, mendarat langsung di Ninoy Aquino International Airport pada sekitar 06.30 waktu setempat.

“Sesuai dengan perintah Kapolri, kami membawa 1 Pati, 9 Pamen dominan berpangkat Kombes, 1 Pama dan 1 PNS dari beberapa Satker di Mabes Polri, 6 personel dari Divhubinter dan lainnya berasal dari Baintelkam, Bareskrim, Baharkam, SOPS dan SSDM Polri,” kata Abdul Kadir.

Rencananya tim Mabes Polri akan berada di Filipina selama 5 hari dengan agenda utama untuk mengikuti bilateral meeting discussion bersama delegasi dari Philipine National Police (PNP) yang akan fokus membahas tentang kerjasama Polri-PNP dalam kerangka Philindo Police Joint Comitte (PPJC). “Kerjasama Philindo Police ini sudah berlangsung sejak tahun 2005 didasari oleh nota kesepahaman pada 18 November 2005 yang ketika itu ditandatangani Kapolri Jenderal Sutanto dan Kepala PNP,” jelas Abdul Kadir. Nota kesepahaman ini sendiri telah diperpanjang pada 2010 dan 2017, terakhir ditandatangani oleh Jenderal Polisi Prof. Tito Karnavian, PhD dan PDG Ronald M. Dela Rosa.

Untuk menjamin nota kesepahaman dapat terus berkesinambungan dan adaptif terhadap perkembangan lingkungan strategis saat ini, telah disepakati untuk menyelenggarakan bilateral meeting di Filipina yang fokus membahas secara intens perbaharuan nota kesepahaman dalam kerangka PPJC tersebut selama 3 hari, dimulai pada Senin (12/12) hingga Rabu (14/12). “Bilateral meeting ini akan membahas beberapa tema yang akan dituangkan dalam revisi MOU seperti maritime law enforcement exercise, non procedural migrant, dan capacity building,” kata Kabaglotas Divhubinter Polri Kombes Pol. Dodied Prasetyo yang mewakili Divhubinter di delegasi Polri.

Sebagaimana diketahui, pasca dilantiknya Irjen Pol. Krishna Murti sebagai Kepala Divhubinter pada 14 Oktober 2022 lalu, Mabes Polri banyak melakukan agenda kegiatan kepolisian internasional baik yang berlangsung di dalam negeri juga di luar negeri. Pada akhir November lalu, Divhubinter menggelar pelatihan bagi 25 instruktur polisi dari beragam negara seperti Korsel, Bangladesh, Thailand, Nepal, Vietnam, Mongolia dan Tiongkok, berlangsung selama 3 minggu di Pusat Misi Internasional Polri di Serpong, Tangerang. Pada awal Desember, Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Krishna Murti bahkan langsung memimpin delegasi Polri untuk menandatangani MoU dengan Royal Papua New Guinea Constabulary (RPNGC) tentang peningkatan kerjasama dalam mencegah dan memberantas kejahatan lintas negara di wilayah perbatasan. “Terkini, delegasi Polri yang juga dominan dari Divhubinter terbang ke Filipina untuk menyempurnakan nota kesepahaman bersama PNP. Kadivhubinter Polri concern dengan kerjasama di perbatasan negara, ke depan kami terus membangun komunikasi dengan negara lain yang berbatasan dengan Indonesia,” tegas Dodied.

About admin _

Check Also

Anggota Pos Pam Wisata Polsek Gunungkencana Polres Lebak Cek Wisata, Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Lebak – Untuk mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas terhadap masyarakat yang sedang berlibur, anggota …