Bhabinkamtibmas Polsek Ciwandan Polres Cilegon Dampingi Petugas PKM Cegah DBD

Cilegon- Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, Bhabinkamtibmas Polsek Ciwandan Polres Cilegon Polda Banten Bersama Petugas PKM Puskesmas Citangkil menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap penyakit Typus dan demam berdarah Dengue (DBD).Rabu (08/05/2024).

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Eko Tjahyo Untoro Melalui Kapolsek Ciwandan Polres Cilegon Polda Banten KOMPOL Fauzan Afifi Mengatakan Bahwa Pergantian musim seperti saat ini masyarakat harus waspada. Kami tetap mengimbau agar warga selalu berhati-hati dengan penyakit Typus dan DBD “Memang seperti itu yang harus dilakukan dalam rangka menjaga agar masyarakat binaan tidak terjangkit DBD,” ujarnya

Meski begitu, biasanya saat pergantian musim, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk akan muncul.

“Kita minta warga untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan rumah masing-masing. Itu agar jentik nyamuk penyebab DBD tidak bisa berkembang biak,” ujarnya.

Agar tak terjangkit DBD, ada baiknya melakukan beberapa pencegahan, seperti membersihkan rumah. Pemilik rumah harus membersihkan beberapa tempat kesukaan nyamuk.

Tempat-tempat itu adalah tumpukkan baju, karena nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Kemudian genangan air, dan tempat-tempat berdebu. Nyamuk-nyamuk akan bertelur di tempat-tempat yang kotor dan lembab.

Selain demam berdarah, warga juga harus mengantisipasi penyakit diare dan malaria. “Waspadai saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini,” tambahnya.

menyampaikan pentingnya melalukan 3M plus, yang pertama : Menguras dan menyikat tempat penampungan air secara rutin, kedua : Menutup rapat semua tempat penyimpanan air baik di dalam maupun di luar rumah, Ketiga : Memanfaatkan limbah barang bekas untuk didaur ulang guna menghindari gigitan nyamuk baik siang maupun malam.

Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, istrahat yang cukup serta memperbanyak minum air putih. Disamping itu, yang juga tidak kalah pentingnya adalah membersihkan rumah baik di dalam maupun luar rumah.

Sementara bagi warga yang anggota keluarganya ada yang merasakan demam, agar segera dibawah ke sarana kesehatan terdekat.

Kapolsek ciwandan berpesan agar berusaha melakukan pencegahan terhadap DBD ini karena bisa menyebabkan kerusakan sejumlah organ paru, hati dan jantung, tekanan darah bisa menurun secara drastis hingga level yang Sangat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, Kapolsek Ciwandan mengajak semua masyarakat untuk bisa mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dengan menyingkirkan habitatnya dengan cara memberantas sarang nyamuk di rumah masing-masing.

About admin

Check Also

Dalam upaya menjaga kondusifitas kamtibmas, personil Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang menggelar patroli Kring Serse

Polres Serang – Dalam upaya menjaga kondusifitas kamtibmas, personil Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang …