Dirbinmas Gelar Yuk Ngopi Wae Bersama Bhabinkamtibmas Polresta Tangerang

TANGERANG – Dirbinmas Polda Banten AKBP Sofwan Hermanto jalin silaturahmi dengan gelar dengan Bhabinkamtibmas Polresta Tangerang melalui Yuk Ngopi Wae.

Hal ini bertujuan untuk mendekatkan Dirbinmas Polda Banten dengan para Bhabinkamtibmas agar tidak adanya kesenjangan. Selain itu juga menjadi sarana sharing apapun permasalahan yang dihadapi Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugas di wilayah.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu Kasat Binmas Tangerang beserta staf Satbinmas dan 20 perwakilan Bhabinkamtibmas daerah hukum Polresta Tangerang.

Bertempat di Cafe The Blased Jl. Kp. Sodong Kec. Tigaraksa Kab. Tangerang, Senin (29/11). Dirbinmas Polda Banten memberikan arahan dan motivasi kepada para Bhabinkamtibmas agar dalam menjalankan tugas di masing-masing kewilayahannya. Ia mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas merupakan suatu tulang punggung Polri dalam pelaksanaan tugas di depan masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. “Diharapkan kepada seluruh Bhabinkamtibmas harus memiliki wawasan dan keterampilan serta yang utama adalah kedisiplinan, konsisten dalam pelaksanaan tugas sehingga para Bhabinkamtibmas memiliki pondasi sebelum melaksanakan tugas menjaga harkamtibmas di wilayah rekan-rekan bertugas,” tutur Sofwan.

Ia juga mengajak kepada para Bhabinkamtibmas untuk bersinergi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Kenal dan dekati para tokoh agama yang berpengaruh dimana jika tokoh tersebut berbicara sesuatu akan dilakukan oleh jemaahnya, hal ini perlu didekati untuk bisa mengetahui informasi dan mengetahui otensi gangguan apa yang akan terjadi sehingga tidak menjadi gangguan nyata,” imbuhnya.

“Tugas Preemtif yang kita emban, diharapkan kepada rekan-rekan harus dekat dengan siapapun, karena kedekatan dengan masyarakat tidak bisa datang dengan tiba-tiba namun dengan kebiasaan yang kita lakukan. Hal tersebut akan menimbulkan kedekatan dengan masyarakat siapapun, tanamkan rasa kebanggaan dalam diri kita bahwa kita bertugas sebagai Bhabinkamtibmas dimana rekan-rekan merupakan Polisi masa depan dan suatu perpanjang tanganan dari Polri untuk siap di garda terdepan dalam terjun di tengah masyarakat. Selain itu, saya juga harapkan para Bhabinkamtibmas rajin bersilaturahmi dengan para tokoh agama maupun tokoh masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kasubdit Bhabinkamtibmas AKBP Andaryoso, menambahkan beberapa pesan kepada para Bhabinkamtibmas. “Terkait sarpras yang dibutuhkan untuk menunjang pelaksanaan tugas rekan-rekan Bhabinkamtibmas, seluruh Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polda Banten berjumlah 682 personel Bhabinkamtibmas khusus Bhabinkamtibmas Polres/Ta Tangerang terdapat 115 personel real yang mendapatkan 70 kendaraan R2 sehinga kekurangan 45 kendaraan. Untuk itu, kami akan mengupayakan untuk memenuhi kekurangan terebut hal ini perlu karena hal tersebut guna menunjang tugas dan perintah pimpinan untuk percepatan bertugas ke wilayah,” ucap Andaryoso.

“Selain itu, saya berharap agar rekan-rekan mengetahui betul potensi gangguan wilayah dimana rekan-rekan bertugas, sehingga ketika rekan-rekan tidak mengetahui potensi gangguan yang terdapat di wilayahnya itu akan menjadi sebuah gangguan nyata. Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam pelaksanaan tugas Kepolisian dalam Preemtif, sehingga sesuai perkap no. 7 tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas melakukan tugas preemtif bukan preventif ataupun represif, menghimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga Harkamtibmas di wilayah rekan-rekan bertugas,” tutup Andaryoso. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …