Guna Meningkatkan Kemampuan, Bintara Remaja Satbrimob Polda Banten Gelar Latihan Rappeling

Serang – Untuk mengantisipasi bencana alam, kecelakaan yang terjadi, Bintara Remaja (Baja) Satbrimob Polda Banten gelar latihan Rappeling yang dilaksanakan di Tower Satbrimob Polda Banten pada Jumat (19/08).

Seperti diketahui, Rappeling merupakan kegiatan turun dari ketinggian menggunakan peralatan mountaineering seperti karnmantel, tali body, figur, karabiner dan alat-alat semacamnya biasanya kegiatan repling ini banyak dilakukan militer, tim SAR, pencinta alam untuk menuruni medan yang curam.

Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dede Rojudin mengatakan, latihan SAR ini dilaksanakan secara rutin untuk mengasah keterampilan anggota.

“Bencana bisa datang kapan saja, dan di mana saja, maka kesiapan anggota kita asah secara terus menerus,” kata Dede Rojudin.

Dede Rojudin juga mengatakan selain tugas rutin pengaman dan patroli, anggota juga harus memiliki teknik dasar bertindak taktis jika ditugaskan untuk pertolongan seperti orang tercebur sumur, kecelakaan di jurang atau penyelamatan yang berkaitan dengan ketinggian.

“Kami dari Satbrimob Polda Banten selalu mengasah kemampuan anggota dalam penanganan bencana alam maupun kecelakaan setidaknya, kemampuan teknik penyelamatan akan berguna, khususnya bagi diri sendiri anggota, juga perlu memperhitungkan keselamatan dirinya dan orang lain yang diselamatkan, guna meminimalisir jumlah korban akibat kecelakaan dan bencana,” ujar Dede Rojudin. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …