Hari Kedua, Ditlantas Polda Banten Laksanakan Ops Keselamatan Maung 2024

Serang – Ditlantas Polda Banten dan Polres jajaran melaksanakan kegiatan Operasi Keselamatan Maung 2024 dengan mengedepankan pola preemtif dan preventif untuk menekan tingkat pelanggaran serta korban fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan Operasi Keselamatan Maung 2024 kali ini dilaksanakan di Wilayah Kota Serang pada Selasa (05/03).

Dalam kegiatan Operasi Keselamatan maung 2024 lebih mengedepankan pengecekan serta teguran terhadap masyarakat/pengendara yang sedang berlalu lintas.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi menghimbau seluruh masyarakat Provinsi Banten agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas. “Demi menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas lebih baiknya lagi menciptakan Kamseltibcarlantas lebih patuh dan tertib. Terkait dengan personel lalu lintas agar mempedomani larangan petugas tidak perlu penegakan hukum selama mengikuti aturan dan SOP yang ada dan tidak ada yang melakukan penindakan sendiri,” ungkapnya.

Pelaksana Gakum lantas hanya berupa Teguran, selain itu terdapat 7 prioritas pelanggaran sebagai berikut :

  1. Pengemudi dan pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara.
  2. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.
  3. Pengemudi atau pengendara sepedah motor yang berboncengan lebih dari satu orang.
  4. Pengemudi atau pengendara sepedah motor yang tidak gunakan helm SNI dan pengemudi dan pengendara kendaraan bermotor yang tidak gunakan safety belt.
  5. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol
  6. Pengemudi dan pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus.
  7. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor melebihi kecepatan.

Selanjutnya Dirlantas menegaskan agar Petugas dilapangan bukan hanya menertibkan tetapi harus menggunakan edukasi, teguran dan imbauan yang dilakukan secara humanis dan diharapkan tidak ada komplain dari masyarakat serta menghindari kegiatan kontraproduktif tetap simpatik, humanis serta senyum dan salam.

“Operasi Keselamatan Maung 2024 dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1445 H, melalui operasi ini dapat berjalan dengan optimal, harapanya mendapat apresiasi dan pengungkit indeks kepercayaan masyarakat. Lengkapi surat-surat kelengkapan kendaraan anda, patuhi peraturan berlalu lintas,” tutupnya. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Penyidik Unit Harda Satreskrim Polres Serang Limpahkan Perkara Kekejari Serang

Penyidik Unit Harta Benda (Harda) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Serang melimpahkan tersangka berikut barang …