Kapolda Banten Dampingi Presiden Joko Widodo Cek Persiapan Mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak

Merak-Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo mengecek persiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Banten pada Selasa (11/4).

Dalam kunjungannya, Presiden didampingi Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erik Tohir, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, dan seluruh instansi terkait.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto membenarkan Kapolda Banten bersama jajaran sedang mendampingi Presiden kunjungan kerja di Pelabuhan Merak. “Hari ini Kapolda Banten bersama Pejabat Utama Polda Banten mendampingi Presiden Joko Widodo mengecek persiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak,” ujar Didik.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Jokowi mengatakan kunjungannya ini bertujuan untuk memastikan jalan tol dan Pelabuhan Merak siap menyambut para pemudik Lebaran 2023. “Mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik pada tahun yang lalu utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan-persiapan, desain perencanaan itu betul-betul sudah pada posisi yang siap,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan, pada mudik Lebaran tahun lalu, terdapat masalah kepadatan lalu lintas di Jalan Cikuasa Bawah dan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak, serta kurangnya kapasitas kapal. “Tapi pada Lebaran tahun ini, arus mudik tahun ini, kita harapkan semuanya itu sudah tidak terjadi lagi,” tambah Jokowi.

Guna mengantisipasinya, ia menyebutkan bahwa pemerintah telah menambah jumlah dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan Pelabuhan Ciwandan yang menjadi pelabuhan alternatif penyeberangan Merak-Bakauheni. “Ini bagus, sehingga kapasitas penumpang bergerak dari 34.000 melompat menjadi 49.000,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga akan mengatur pelabuhan mana yang akan dikhususnya untuk motor, mobil, kendaraan kecil, dan bus serta pelabuhan khusus kendaraan berat.

Jokowi pun mengimbau seluruh penumpang yang hendak menyeberang untuk memesan tiket secara elektronik. “Karena tahun yang lalu ini sangat mengganggu yang tidak megang tiket, semuanya harus megang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak,” kata dia.

Jokowi menambahkan, pemerintah juga sudah menambah jumlah tempat peristirahatan atau rest area di jalan tol menuju Pelabuhan Merak. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …