Kapolres Lebak Ajak Pelaksanaan Pilkades Lebak Aman, Sehat dan Kondusif

Serang – Pilkades serentak di Kabupaten Lebak akan dilakukan tahap pemungutan suara pada hari Minggu 24 Oktober 2021.

Pilkades akan dilaksanakan di 265 desa, 28 kecamatan dan 1.656 TPS dengan rentang wilayah yang cukup luas.

Kapolda Banten IJP Dr Rudy Heriyanto menyampaikan bahwa Strategi Pengamanan Over Estimate akan Diadopsi Dalam Pilkades Lebak.

“Sesuai hasil mapping, terdapat 45 desa terkualifikasi sangat rawan, 108 desa rawan dan 112 desa kurang rawan, potensi kerawananan yang cukup tinggi perlu diantisipasi supaya tidak ganggu kondusifitas saat ini, termasuk dari potensi munculnya cluster baru Covid-19 dan kontijensi bencana alam,”Kata Kapolda Banten, Rabu (20/10).

Rudy Heriyanto mengatakan bahwa
personel pengaman TPS tidak membawa senjata api saat bertugas.

Kapolda juga menjelaskan guna mecegah cluster baru Covid-19 dalam Pilkades menginstruksikan agar panitia TPS pastikan peralatan protokol lengkap dan membuka gerai vaksin disetiap TPS.

“Untuk pelaksanaan Pilkades telah memerintahkan Kapolres Lebak agar pastikan TPS dapat membuka gerai vaksin sehingga pemilih dapat divaksin pasca gunakan hak suara,”Ujar Rudy Heriyanto.

Sementara itu Kapolres Lebak Akbp Teddy Rayendra menyampaikan bahwa penempatan personel yang akan melakukan pengamanan dilakukan dengan buat 6 zonasi.

“Untuk penempatan zonasi yaitu zona I di Maja, zona II di Muncang, zona III di Leuwidamar, zona IV di Lebakgedong, zona V di bayah, dan Zona VI di banjarsari,”Ujar Teddy Rayendra.

Selanjutnya Teddy Rayendra mengatakan personel untuk pengamanan di 1.655 TPS sebanyak 1.322 personel yang terdiri dari unsur kepolisian dan 3.314 pers Linmas, total personel yang akan melakukan pengamanan pilkades di Lebak sebanyak 4.636 personel.

“Pola pam di TPS yang sangat rawan 1:2:2 yaitu 1 TPS diamankan 2 pers Polri dan 2 Linmas, dan TPS rawan 2:2:4 yaitu 2 TPS diamankan 3 pers Polri,”Ujar Teddy Rayendra.

Teddy Rayendra menjelaskan tiap zona ditempatkan 1 pleton brimob dan 1 pleton dalmas yang senantiasa mobile di cover area masing-masing dengan keterampilan tangani kontijensi

“Personel Brimob akan ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Satbrimob Polda Banten ditempatkan di 6 zonasi, 4 SSK BKO Korps Brimob ditempatkan di Polres Lebak, Cipanas, Warunggunung dan Malingping, juga memiliki keterampilan dalam penanganan situasi kontijensi, 250 Pers BKO Dalmas Polda Banten akan ditempatkan di 10 Polsek, dan 352 pers BKO TNI dari Kodim 0603/Lebak,”Kata Kapolres Lebak.

Sementara itu Kabidhumas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga mengajak dalam mensukseskan Pilkades di Kabupaten Lebak aman, sehat dan kondusif agar bersama menjaga kamtibmas saat Pilkades,

“Mari bersama-sama hindari money politic, hoax, intimidasi dan patuhi protokol kesehatan sehingga Pilkades berlangsung aman, sehat dan kondusif,”Kata Shinto.

Terakhir Shinto mengajak supaya masyarakat waspada bencana alam saat Pilkades sehingga tidak menimbulkan kerugian harta benda bahkan jiwa.

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …