Kembali Gelar Pelatihan Lapangan, Kabid Humas Polda Banten: Latih Intuisi Melihat Kegiatan Dari Berbagai Perpsektif

Kesempatan apel pagi hari ini, Senin (16/08) kembali diisi dengan pelatihan lapangan oleh Kabidhumas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga kepada seluruh personelnya. Bahkan pembatas jalan berbahan plastik dan traffic cone juga digunakan sebagai analogi berpikir untuk memudahkan personel memahami learning point pelatihan tersebut. Dalam pelatihan tersebut, Akbp Shinto Silitonga mencontohkan adanya perbedaan tampilan bidang pembatas jalan dan traffic cone jika dilihat dari 3 sudut pandang, utara-timur-barat. Perbedaan perspektif ini jugalah yang perlu dilatih intuisinya untuk melihat satu kegiatan dari berbagai sisi pemberitaan,” kata Akbp Shinto Silitonga.

Kegiatan yang diliput oleh Bidhumas Polda Banten cukup banyak setiap harinya, namun dari berbagai kegiatan itu, tentu saja ada kegiatan prioritas yang perlu dinaikkan sebagai berita menarik yang dapat diliput oleh media TV, radio dan media mainstream lainnya.

“Jika intuisinya terlatih, maka personel akan memahami mana kegiatan prioritas yang layak naik di media TV, radio, media cetak dan media mainstream lainnya sehingga 1 hari sebelumnya sudah melayangkan undangan ke media tersebut untuk diliput,” kata Akbp Shinto Silitonga.

Jika fungsi humas gagal dalam pelatihan intuisi untuk melihat perspektif menarik dan layak diliput oleh media, maka akan menjadi kerugian secara internal dan pihak lain dapat memanfaatkan peluang itu untuk pemberitaan positif bagi komunitasnya.

“Jadi saya ingin teman-teman humas dapat berlatih untuk mengenali berbagai perspektif yang dapat dieksplore dari berbagai kegiatan yang dilakukan harian, sehingga dapat meng-endorse kegiatan tersebut dalam peliputan yang lebih luas,” jelas Akbp Shinto Silitonga.

Apel ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …