Optimalisasi Peran Fungsi Binmas, Dirbinmas Gelar Asistensi Kepada Personel Satbinmas Polres Serang Kota


Serang – Tingkatkan kemampuan Personel Fungsi Binmas, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto lakukan asistensi ke Satbinmas Polres Serang Kota bertempat di Aula Polres Serang Kota pada Senin (21/03).

Pada kesempatan ini, Dirbinmas Polda Banten terjun langsung bertatap muka dengan seluruh Personel Satbinmas, kepada Kasat, Kanit serta Staf Binmas Polres. Guna memberikan bekal strategi preemtif bagi pengemban Fungsi Binmas Jajaran Polda Banten.

“Benar, saya langsung terjun bertatap muka dengan Personel Satbinmas, guna memberikan arahan dan petunjuk, terkait optimalisasi peran Fungsi Binmas dalam upaya harkamtibmas sebagai ujung tombak tugas Polri dibidang preemtif,” ucap Sofwan.

Sofwan mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengopimalkan peran Fungsi Binmas sebagai penanggung jawab tugas dibidang preemtif.

“Pada intinya, saya menyampaikan kepada Personel Fungsi Binmas tentang sistem manajemen dan standar keberhasilan operasional Polri bahwa definisi preemtif yaitu kegiatan bersifat penangkalan melalui upaya penataan aspek-aspek kehidupan, pembinaan serta bimbingan terhadap masyarakat agar memiliki daya tangkal dan daya lawan supaya tidak mudah terpengaruh oleh berbagai ancaman, sekaligus dalam rangka mewujudkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap pemeliharaan stabilitas kamdagri,” terang Sofwan.

Sofwan menambahkan, bahwa keberhasilan Fungsi Binmas adalah menurunnya angka kejahatan di tengah masyarakat.

“Keberhasilan Fungsi Binmas, yaitu dengan adanya penurunan angka kejahatan, maka dari itu pada kesempatan ini juga saya akan mengajarkan pengoperasian beberapa yang digagas oleh Korbinmas Baharkam Polri, meliputi aplikasi Binmas Online System (BOS) V2, aplikasi Sislap dan aplikasi Preemtif. Beberapa aplikasi tersebut merupakan jawaban Pimpinan Polri kepada Personel Fungsi Binmas sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di lapangan, diantaranya juga ada upaya untuk menekan angka kejahatan,” jelas Sofwan.

Masih Sofwan, mengatakan kegiatan asistensi seperti ini akan dilakukan di seluruh Satbinmas Polres Jajaran Polda Banten.

“Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan, menyeluruh kepada Satbinmas Jajaran, harapannya, apa yang sudah saya sampaikan atau saya ajarkan mampu diteruskan kepada Personel Fungsi Binmas di tingkat bawahnya, yaitu Polsek, baik kepada Kanit Binmasnya maupun Para Bhabinkamtibmas,” kata Sofwan.

“Harapannya, ke depan Fungsi Binmas agar lebih maju dan berkembang dengan seluruh kemampuan yang kita miliki, kemudian dalam pelaksanaan tugas Binmas dibantu oleh Satpam, Polsus dan Potensi Masyarakat lainnya, hal tersebut menjadi modal dasar untuk merevitalisasi Fungsi Binmas ke arah yang lebih baik, dengan didukung aplikasi untuk mempermudah tugas pokok kita,” tutup Sofwan. (Bidhumas).

About admin _

Check Also

http://tribratanews.banten.polri.go.id/cegah-adanya-perang-sarung-anggota-polsek-rangkasbitung-polres-lebak-patroli-dialogis-taman-angklung/

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan pengaturan arus …