Pada Pencanangan Tahun Keselamatan, Kapolda Banten Ingatkan Pentingnya Patuhi Peraturan Lalu Lintas

 

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo sedang memasangkan kaki palsu kepada korban kecelakaan yang kehilangan salah satu kakinya akibat kecelakaan lalu lintas yang dialaminya
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo sedang memasangkan kaki palsu kepada korban kecelakaan yang kehilangan salah satu kakinya akibat kecelakaan lalu lintas yang dialaminya

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Kepala Kepolisian Daerah Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan menekan terjadinya tingkat pelanggaran berlalu lintas. Demikian yang disampaikan nya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Keselamatan di Alun-alun Barat Kota Serang, Minggu (30/07).

Dimana Pencanangan Tahun Keselamatan ini dilakukan secara serentak dan berpusat di Bundaran Hotel Indonesia (HI)Jakarta, oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Drs H Muhammad Jusuf Kalla melalui video conference.

Kegiatan tersebut dimulai berdasarkan keprihatinan jumlah angka kecelakaan lalu lintas yang merenggut 1,24 juta jiwa pada setiap tahunnya. Jumlah ini berdasarkan statistik Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Di seluruh dunia dalam satu hari 4.400 jiwa meninggal dikarenakan kecelakaan lalu lintas, serta 50 orang mengalami luka-luka dan catat tetap,” kata Kapolda.

Sementara itu Polda Banten mencatat dalam kurun waktu dua tahun terakhir, jumlah kecelakaan meningkat 40% dari 1.229 kasus pada tahun 2015, menjadi 1.724 kasus pada tahun 2016.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya merasa sangat prihatin, mengingat kecelakaan lalu lintas telah berdampak luas pada seluruh sendi kehidupan masyarakat dan menjadi penghambat bergeraknya roda pembangunan nasional.

“kita turut merasakan bagaimana korban dengan cacat tetap yang menjadi tulang punggung keluarga akan kehilangan produktifitas kerja yang mengakibatkan tumbuhnya angka pengangguran,” ucapnya.

Dengan menyikapi dinamika yang ada, Kapolda Banten mengajak ke lima pilar untuk bekerja sama dalam menekan jumlah kecelakaan. Dimana kelima pilar ini antara lain Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, dan Jasa Raharja.

“saya mengajak kelima pilar ini mengupayakan bagaimana caranya menurunkan angka kecelakaan bahkan saya pribadi mengharapkan untuk tidak adanya kecelakaan,”

Ia menambahkan, kelima pilar tersebut mempunyai peranannya. Untuk Polri sendiri, berupaya untuk menekan terjadinya tingkat pelanggaran lalu lintas. Karena menurutnya, kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas tentu jumlah kecelakaan dapat berkurang.

“masing-masing pilar punya peranannya, untuk kita sendiri dalam hal ini Satuan Lalu Lintas selalu berupaya untuk menekan terjadinya pelanggaran. Karena kalau kita patuh aturan lalu lintas, tingkat kecelakaan dapat diminimalisir,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula, Polda Banten dan Pemerintah Provinsi Banten memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban kecelakaan lalu lintas.

Penulis : Iman
Editor   : P Winoto
Publish : Iman

About

Check Also

Jamin Keamanan di PT Indonesia Power Suralaya, Ditpamobvit Polda Banten Beri Pengamanan

CILEGON – Ditpamobvit Polda Banten melakukan pengamanan di Indonesia Power Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *