Pastikan Kondisi Baik, Piket Pawas Polres Lebak Cek Ruang Tahanan Polres Lebak


Lebak. Guna memastikan kondisi Rumah tahanan dan penghuninya dalam keadaan baik, piket Pawas Polres Lebak Polda Banten AKP Ade Lutfi (Kassubag Faskon) didampingi Kanit Regident Polres Lebak Ipda Bobi Nainggolan,SH.,M.Si melakukan pengecekan rumah tahanan Polres Lebak. Sabtu (22/1/2022).

Piket Pawas melaksanakan pengecekan rumah tahanan untuk mengecek jumlah tahanan, ruang tahanan dan mengecek kondisi kesehatan setiap tahanan.

Dalam pelaksanaannya, Pawas Polres Lebak AKP Ade Lutfi didampingi Ipda Bobi Nainggolan,SH.,M.Si melaksanakan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan serta melaksanakan pengecekan jika ada barang-barang yang dilarang berada di dalam ruang tahanan misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api serta barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan maupun petugas jaga.

Hal ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan oleh Perwira Pengawas dan anggota jaga tahanan. Ini merupakan SOP (standart operasinal prosedur ) sebagai upaya antisipasi tahanan lari atau tahanan yang sedang menderita sakit.
“ Pengecekan ini dilaksanakan agar semua tahanan yang berada di ruang tahanan Polres Lebak selalu dalam kondisi sehat, serta meminimalisir terjadinya tahanan yang berusaha kabur ataupun tahanan yang ingin melukai petugas jaga.” ujar Pawas AKP Ade Lutfi.

“Pada saat pengecekan hari ini, jumlah tahanan yang berada di rumah tahanan Polres Lebak sebanyak 22 orang, dan dalam keadaan sehat. Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang -barang terlarang berada didalam ruang tahanan.” ungkapnya.

Pawas memberikan penekanan kepada petugas jaga tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiap jam sesuai SOP. Laporkan segera kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan.

Sementara itu Kasihumas Polres Lebak Iptu Jajang Junaedi menyampaikan bahwa selain piket Pawas mengecek langsung kondisi tahanan dan ruang tahanan juga melaksanakan pengecekan personil siaga hari Sabtu

“Piket Pawas mengambil Apel dan melakukan pengecekan Personil Siaga Hari Sabtu sesuai sprint ,” tutur Jajang.

“Wilayah Kabupaten Lebak merupakan daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor serta gempa bumi, apalagi sekarang sedang musim penghujan, untuk mengantisipasi kejadian bencana Polres Lebak menyiagakan personil dan peralatan, sewaktu-waktu dibutuhkan selalu siap,” jelasnya.

About admin _

Check Also

Petani Asal Cibeber Meninggal Tersambar Petir, Kapolres Lebak Jelaskan Kronologis

  Lebak – Seorang petani asal Kecamatam Cibeber Kabupaten Lebak, Rohanta Bin Idis (52) ditemukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *