Pelihara Kamtibmas, Ditbinmas Polda Banten Lakukan Pembinaan dengan Komunitas RAPI

SERANG – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Banten gelar kegiatan pembinaan bersama komunitas RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia).

Saat ditemui, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi mengatakan bahwa pembinaan tersebut dilakukan bertujuan untuk memelihara situasi keamanan dan ketertiban.

“Hari ini kami melakukan pembinaan kepada komunitas RAPI, dimana keberadaan organisasi RAPI merupakan salah satu potensi besar yang ada di masyarakat yang dapat membantu Polri dalam melaksanakan tugas dalam memelihara situasi keamanan dan ketertiban,” kata Riki Yanuarfi di Kantor PGRI Kecamatan Carenang Kabupaten Serang. Senin, (24/05/2021).

“Khususnya dalam bidang komunikasi, RAPI, ORARI dan Senkom diakui sangat membantu tugas-tugas Polri di lapangan, selain bantuan dalam memberikan dukungan telekomunikasi, juga bantuan dalam memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang hukum dan perundang-undangan,” jelas Riki Yanuarfi.

Lebih lanjut, Riki Yanuarfi mengungkapkan bahwa Polda Banten menaruh harapan besar kepada RAPI dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Polda Banten menaruh harapan besar kepada RAPI agar seluruh pengurus maupun anggota RAPI dimasa depan dapat menjadi reporter atau penyiar berita yang baik. Dalam arti anggota RAPI dapat menerima berita dari masyarakat dan menyampaikan berita kepada masyarakat dengan baik. Apalagi dengan kemajuan zaman saat ini dan perkembangan telekomunikasi serta dengan adanya asas kebebasan berpendapat seluruh warga masyarakat dapat menyampaikan apapun dengan mudah melalui media sosial, sehingga menimbulkan banyak berita-berita yang tidak dapat dipastikan kebenarannya atau Hoax,” ungkap Riki Yanuarfi.

Sementara itu, Ketua RAPI Kabupaten Serang Sugi Nurwanto mengucapkan terimakasih kepada Polda Banten.

“Terimakasih kepada Kapolda Banten khususnya kepada Direktur Binmas yang pada hari ini sudah menyempatkan diri untuk bersilaturahmi bersama organisasi RAPI Kabupaten Serang, ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami pengurus dan anggota RAPI karena mendapat atensi langsung dari pimpinan Polri,” ucapnya.

Sugi Nurwanto menyatakan siap bersinergi dengan Polri dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Saat ini RAPI Banten memiliki 8 Wilayah kerja antara lain, Kab. Serang, Kab. Tangerang, Kab. Lebak, Kab. Pandeglang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Dan kami siap melakukan Koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait baik itu TNI, Polri maupun pemerintah sudah terjalin dengan sangat baik, khususnya dalam memberikan dukungan Komunikasi pada kegiatan-kegiatan kemasyarakatan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan tersebut ialah Kasubditbinpolmas AKBP. M. Adhi Chandra, SP., MH., Kaurbinorsosmas IPDA Agus HD., Ba Ditbinmas Bripka Susilo Sudarsono., Sekertaris RAPI Kab. Serang Subardi, Para Ketua dan pengurus RAPI Lokal 1,2,3 dan 4 serta perwakilan anggota RAPI Kabupaten Serang. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polres Serang Melaksanakan Patroli Beyond Trust Presisi

Polres Serang – Untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Serang, Polres Serang Melaksanakan …