Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila , Kapolres Serang : Saya Pancasila, Saya Indonesia

photo_2017-10-02_09-05-49

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN , Serang - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 dilaksanakan di Lapangan Hijau Mapolres Serang, bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Serang AKBP Wibowodan dihadiri oleh Pejabat Utama, Para Kapolsek dan perwira Jajaran Polres Serang serta anggota Polres Serang dan PNS Polres Serang.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasilan tersebut dilaksanakan pada pukul 07.00 Wib, selaku Perwira Upacara IPDA Ujang Elan dan Komandan Upacara Ipda Sunarta.

Kapolres Serang, AKBP Wibowo saat menyampaikan amanat menyatakan “Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 01 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri”.

“Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya. Pada tanggal 1 Oktober rakyat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan diadakannya upacara di berbagai instansi pemerintah, dan untuk skala nasional upacara tersebut diadakan di lokasi tempat terjadinya sejarah yaitu di Lubang Buaya begitu juga Polres Serang merayakannya hari ini.” Tuturnya.

Kapolres Serang, AKBP Wibowo menambahkan “bahwa Hari Kesaktian pancasila adalah hari dimana Negara Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI  menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan militer. Tokoh-tokoh tersebut ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965 (pada perkembangannya pemerintah RI menetapkan tokoh-tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional pada tahun 2009).

“Kesaktian Pancasila adalah hari dimana Republik Indonesia dapat diselamatkan dari pemberontakan PKI, dengan terungkapnya kasus penculikan yang dilakukan oleh PKI maka secara cepat dan sigap pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberantas para pelaku penculikan dan otak dari peristiwa kriminal tersebut.” Ungkapnya.

Pada akhir amanatnya, AKBP Wibowo mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk meneriakkan “Saya Pancasila, Saya Indonesia. Saya Pancasila, Saya Indonesia”.

                               

Penulis : ganjar
Editor   : Muridi
Publish : iman

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …