Polda Banten Gelar Donor Darah Peduli Covid-19

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Banten – Wabah virus corona (Covid-19) yang sedang terjadi saat ini, berimbas pada ketersediaan atau stok darah di sejumlah daerah, termasuk di Banten.

Menyikapi kondisi tersebut, sebanyak 300 personil Kepolisian Daerah (Polda) Banten melakukan aksi donor darah untuk memenuhi kekosongan stok PMI yang dilakukan di Aula Mapolda Banten, Senin (13/04/2020) pukul 08.00 wib.

Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar melalui Kabiddokkes Polda Banten Kombes Pol dr. Nariyana menjelaskan bahwa kondisi ini terjadi sejak Corona mewabah, kebutuhan darah untuk pasien meningkat, sementara jumlah pendonor cenderung berkurang karena kebijakan physical distancing. Sehingga, Palang Merah Indonesia (PMI) termasuk di Banten kesulitan memenuhi kebutuhan darah.

“Kegiatan aksi donor darah yang dilakukan oleh ratusan personil Polda Banten ini untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI,” terang Nariyana.

Nariyana juga mengatakan bahwa aksi donor darah ini juga sebagai tindak lanjut perintah Kapolri yang tertuang dalam surat No.Pol.: ST/1127/IV/KEP/2020 tanggal 7 April 2020 tentang Himbauan donor darah bagi seluruh personil Polri, dengan bertemakan tema “Setetes Darah Anda Bukti Cinta Kepada Sesama”.

Ditemui di lokasi usai melakukan donor darah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi juga menjelaskan, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh personil Polda Banten sesuai intruksi Kapolri, walaupun demikian kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

Seperti sebelum masuk ruangan peserta donor darah mencuci tangan di air mengalir dengan mengunakan sabun antiseptik, pemeriksaan suhu badan, serta menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya. “Kegiatan juga dilakukan tidak dengan berkerumun, serta mengatur waktu masuk ke ruangan donor secara bergiliran, Polda Banten tergerak dan peduli secara sukarela mendonorkan darahnya untuk disumbangkan kepada masyarakat yg membutuhkan”, ungkap Edy Sumardi.

Tampak hadir dalam kegiatan donor darah ini para PJU Polda Banten, personil Polda Banten dari berbagai satker, dan rekan-rekan media.

About

Check Also

Personil polsek bojong polres pandeglang lakukan giat patroli di malam hari antisipasi adanya tindak kejahatan dan penyakit masyarakat (pekat)

Pandeglang polsek bojong – Dalam rangka memberikan rasa aman, nyaman diwaktu istirahat di malam hari …