Polda Banten Gelar Keroyok Vaksinasi Lansia di Pandeglang

Pandeglang – Dalam rangka akselerasi vaksinasi, Kapolda Banten IJP Dr. Rudy Heriyanto pada Jumat (26/11) telah memerintahkan para pejabat utama dan Kapolres jajaran untuk segera menggelar Program Keroyok Vaksinasi terutama di 3 Kabupaten yang hingga kini pencapaian vaksinasinya masih rendah, yaitu Kabupaten Pandeglang, Lebak dan Serang. Semua sumber daya yang ada saat ini difokuskan pada Program Keroyok Vaksinasi tersebut. “Sesuai hasil Rakor Lintas Sektoral dengan Pemerintah Pusat pada Jumat lalu maka saya telah memerintahkan jajaran untuk melakukan percepatan vaksinasi melalui Program Keroyok Vaksinasi terutama terhadap warga lanjut usia yang didukung dengan seluruh sumber daya secara optimal,” kata Kapolda Banten. Dosis vaksin dan tenaga vaksinator dari Polres-Polres yang sudah mencapai herd immunity akan dialihkan untuk “keroyok” vaksinasi di Pandeglang, Lebak dan Serang. “Vaksin dan vaksinator dari Polresta Tangerang, Serang Kota dan Polres Cilegon kami alihkan ke wilayah Pandeglang, Lebak dan Serang sehingga ketiga kabupaten tersebut bisa mencapai 70% vaksinasi jelang Natal dan Tahun Baru,” jelas Rudy.

Salah satu implementasi Program Keroyok Vaksinasi Kapolda Banten adalah seperti yang dilakukan di Kantor Kecamatan Panimbang hari ini, Sabtu (27/11). Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, Dandim 0601 Pandeglang Letkol Dedi Setiadi, Kajari Pandeglang Suwarno beserta Pejabat Utama (PJU) Polda Banten.

Kapolda Banten merespons positif terhadap pelaksanaan keroyok vaksinasi di Kantor Kecamatan Panimbang dan mendukung percepatan vaksinasi jelang Natal dan Tahun Baru bagi warga sekitar Panimbang. “Terimakasih atas pelaksanaan keroyok vaksinasi di Panimbang saat ini, serentak diadakan di seluruh Polda di Indonesia untuk percepatan vaksinasi terutama terhadap warga lansia menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujar Kapolda.

Adapun peserta dalam vaksinasi ini adalah masyarakat sekitar terutama lansia dengan jumlah sebanyak 1.000 vaksin dosis pertama dan kedua didukung 15 tim vaksinator dari Polda Banten dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang. “Saya melihat masyarakat antusias untuk divaksin hari ini, meskipun cuaca hujan, namun tidak menyurutkan animo masyarakat,” ucap Rudy.

Selain melaksanakan vaksinasi, Kapolda Banten pada acara yang sama juga memberikan sejumlah paket sembako. “Selain vaksinasi, kami mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19” tambah Rudy.

Kapolda Banten berharap dengan dilaksanakannya Program Keroyok Vaksinasi ini dapat dapat mencegah peningkatan jumlah kasus Covid-19 dan mereduksi fatalitas dampak Covid-19 bagi kesehatan warga lansia jelang Natal dan Tahun Baru 2022. “Melalui keroyok vaksinasi ini, kami berharap tidak muncul peningkatan angka konfirmasi Covid-19 dan mereduksi fatalitas Covid-19 terutama jelang Nataru ini,” tegas Rudy.

Setelah meninjau pelaksanaan vaksinasi dan memberikan paket sembako kepada warga, Kapolda Banten langsung mengikuti zoom meeting Gebyar Vaksin Polri Tahun 2021 yang dipimpin langsung Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Sebagaimana diketahui bahwa Polda Banten menggelar keroyok vaksinasi di Panimbang sebagai tindaklanjut Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Pemerintah Pusat pada Jumat (26/11) lalu yang meminta jajaran Forkopimda dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran utama warga lansia menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …