Polda Banten Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tahun 2023

 

Serang-Polda Banten menggelar upacara peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 dengan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” yang bertempat di Lapangan Upacara Polda Banten pada Jumat (22/12).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, selaku Komandan Upacara Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Banten Kompol Herlia Hartarani yang diikuti 5 kompi personel gabungan Polda Banten.

Dalam amanatnya Kapolda Banten mengatakan peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia,” kata Abdul Karim.

Abdul Karim menambahkan deklarasi pertama kali Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. “Peristiwa ini sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan diperingati setiap tahunnya, baik di dalam dan luar negeri,” tambahnya.

Perjalanan panjang selama 95 tahun telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global serta multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. “Arti penting dari lahirnya Peringatan Hari Ibu adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyatakat Indonesia,” terang Kapolda Banten.

Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara di dalam mencapai tujuan negara serta di dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan. “Perempuan dan laki-laki juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama sebagai sumber daya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional jangka menengah dan panjang. Atas dasar inilah Peringatan Hari Ibu ke-95 mengangkat tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” jelas Kapolda Banten.

Diakhir, Kapolda Banten mengajak semua perempuan untuk menunjukkan potensi maksimal, ciptakan gagasan dan pemikiran, bangun kreativitas dan inovasi serta mampu menjadi sosok yang mandiri untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas. “Sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa. Selamat Hari Ibu bagi perempuan-perempuan Indonesia yang tangguh dan luar biasa. Perempuan berdaya, Indonesia Maju,” tutupnya.

Sementara itu Kabidkum Polda Banten Kombes Pol Yuliani saat ditemui mengatakan bahwa Hari Ibu merupakan momentum untuk mengevaluasi diri. “Pada hari ini tanggal 22 Desember 2023 merupakan Hari ibu dan kami Polwan Polda Banten beserta ASN Polda Banten menyampaikan bahwa saat ini sebagai momen bentuk evaluasi diri untuk meningkatkan kinerja dan terus berprestasi dalam rangka meningkatkan peran kami,” ujar Yuliani. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Rumah Kosong di Teluknaga Tangerang

TANGERANG – Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Teluknaga, Polres Metro Tangerang Kota berhasil membekuk satu …