POLSEK CILELES MENGAPRESIASI DESA AKTIF SISKAMLING

img-20160928-wa0063img-20160928-wa0060

tribratanewsbanten.com – Untuk menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara secara umum dilakukan oleh Polri (Kepolisian Republik Indonesia), akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT/RW. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan ristribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Polsek Cileles Polres Lebak, akan memberikan apresiasi  terhadap Siskamling yang aktif di wilayahnya. Dengan cara memberikan Bander Jadwal Poskamling dan Jam Dinding kepada Poskamling Rt/Rw  desa yang aktif siskamlingnya. Penyerahan Bander Jadwal Poskamling dan Jam Dinding tersebut akan dilakukan oleh Kanit Bimmas Polsek Cileles IPDA Edi Junaedi dan Bhabinkamtibmas Desa Cikareo BRIGPOL Wahyu Jatmiko. Dengan adanya kegiatan ini masyarakat yang ada diwilayah hukum Polda Banten akan lebih semangat dan akan lebih peduli kepada keamanan di lingkungannya. IPDA Edi Junaedi menuturkan Manfaat Siskamling diantaranya:

  • Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya ganguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.
  • Menjaga keamanan dari pencurian, perampokan, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  • Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan / piket.
  • Meningkatkan rasa kebersamaan antar penghuni suatu kampung / desa ataupun penduduk secara umum yang tinggal dan atau menetap di lingkungan setempat.

Kapolsek Cileles AKP Rusmana mengajak kepada seluruh warga khususnya warga Kec. Cileles untuk ikut bersama-sama aktif dan peduli terhadap keamanan lingkungan. “Kebiasaan di masyarakat kita kalau sudah terjadi tindak kejahatan pencurian baru Siskamling digiatkan, ini yang harus kita rubah” tutur Kapolsek. Kesadaran masyarakat akan menjaga keamanan lingkungannya harus di tingkatkan, Salah satunya dengan cara memberikan Apresiasi terhadap Siskamling yang aktif”.

-Polsek Cileles-

 

About

Check Also

Biddokes Polda Banten Talkshow di Radio Megaswara, Sosialisasikan Vaksinasi Masal

Serang – Biddokkes Polda Banten laksanakan kegiatan talkshow di Radio Megaswara FM Serang sosialisasikan Vaksinasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *