Polsek Picung Polres Pandeglang Berikan Pembekalan untuk Sopir Ambulance

Polsek Picung Polres Pandeglang Berikan Pembekalan untuk Sopir Ambulance

Polsek Picung – Meski mobil ambulan merupakan mobil prioritas di jalan raya, namun diharapkan para pengendara ambulance bisa tertib berlalu-lintas dan menghargai pengguna jalan lainnya. Hal ini disampaikan Personil Polsek Picung Aiptu Dayat Hidayat.

Aiptu Dayat memberikan pembekalan tertib berlalu-lintas terhadap salah satu pengemudi ambulance Sdr. Sarip di Puskesmas Picung Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang.

Pembekalan tersebut bertujuan agar para pengemudi ambulan bisa tertib berlalu-lintas meski ambulance merupakan prioritas khusus.

Tak hanya diberikan pembekalan, ambulance juga dilakukan pengecekan oleh petugas. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman saat berkendara dan tertib di jalan raya.

“Kami dari Polsek Picung memberikan pembekalan untuk sopir ambulance dengan maksud tujuannya adalah untuk keselamatan kita semua,” ungkap Aiptu Dayat, Minggu (17/07/2022).

Sesuai dengan Undang-undang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009, lanjut Aiptu Dayat, mobil ambulance memang mempunyai prioritas khusus di jalan raya. Namun di jalan raya bukan hanya ambulance yang menggunakan jalur tapi masih banyak pengguna jalan lainnya sehingga saling menghargai pengguna jalan lainnya.

“Makanya kita himbau, kita berikan pembekalan dan pencerahan-pencerahan bahasanya driver-driver itu harus mampu dan menguasai jalan raya serta menghargai pengguna jalan lainnya. Yakni betul-betul melaksanakan dengan baik dan benar apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai driver ambulance,” katanya.

Terkait adanya kendaraan roda dua yang ada di depan mobil ambulance dengan maksud membuka jalan, sesuai Undang-undang tidak diperbolehkan.

Aiptu Dayat menjelaskan, “Yang boleh mengawal ambulan yakni institusi yang sudah ditunjuk yaitu pihak kepolisian. Hal tersebut sudah diatur dalam Undang-undang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009,” tutupnya.

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …