Rakernis Biro SDM Polda Banten, Membangun Sumber Daya Polri Yang Unggul dan Kompetitif

20171014_143136

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Serang – Kapolda Banten Brigjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. membuka Rakernis SDM dan Rakorbin PNS Polda Banten Tahun 2017 dengan tema “ MEMBANGUN SDM POLRI YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF ” yang dilaksanakan di D’wiza Resto, Sabtu 7 Oktober 2017.

Dalam sambutannya Kapolda Banten menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pejabat pengemban fungsi pembinaan SDM Polda Banten, atas kerja keras loyalitas dan dedikasi yang ditunjukkan selama ini, dengan memberikan kontribusi yang sangat positif dalam mendukung tugas-tugas fungsi operasional sehingga dapat menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di seluruh wilayah hukum Polda Banten.

Penyelenggaraan Rakernis SDM dan Rakorbin PNS Polri Polda Banten T.A. 2017 ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Rakernis SDM dan Rakorbin PNS Polri T.A. 2017 yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 agustus 2017 di jakarta, dengan tema: “MEMBANGUN SUMBER DAYA MANUSIA POLRI YANG UNGGUL DAN KOMPETITIF”. merupakan sarana transfer informasi dan evaluasi serta konsolidasi pelaksanaan tugas bidang pembinaan SDM Polri guna meningkatkan peran Polri dalam mendukung kebijakan pemerintah.

SDM Polri merupakan salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan organisasi. Pengelolaan SDM yang baik sudah tentu akan menghasilkan produk atau kinerja yang baik pula.

Pengembangan SDM adalah proses sepanjang hayat yang meliputi berbagai bidang baik secara umum maupun spesifik. berbagai fenomena kehidupan di segala dimensi baik sosial, budaya, ekonomi maupun politik yang terjadi disekitar kita menunjukan gambaran yang semakin jelas bahwa sesungguhnya apa yang kita miliki akhirnya akan menjadi tidak berarti apabila tidak mampu memanfaatkannya. Hal ini harus menjadi pemikiran kita bersama.

Berakar dari proses rekrutmen yang bersih, transparan, akuntabel, terbebas dari pungli serta zero KKN, diharapkan akan mendapatkan calon-calon anggota Polri yang berkualitas, unggul dan kompetitif, sesuai dengan harapan. saya sangat optimis dengan hal ini karena melihat proses rekrutmen tahun 2017 ini yang mendapatkan apresiasi yang positif dari seluruh kalangan masyarakat dan pemerintah, minimnya keluhan masyarakat serta berjalannya mekanisme dan sistem seleksi terpadu yang sangat ketat sehingga meminimalkan adanya segala bentuk penyalahgunaan wewenang baik dari internal maupun eksternal Polri, Lanjutkan Kapolda Banten sebelum mengakhiri sambutannya.

screenshot_20171014-142739

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Karobinkar SSDM Polri Brigjen Pol Drs. Eko Indra Heri S, S.H., M.M., Irwasda Polda Banten Kombes Pol Drs. Mustofa, pejabat utama Polda Banten, Kapolres Jajaran Polda Banten, Kasubbagrenmin Satker Polda, Kabagsumda Polres jajaran, Para Alumni Akpol Polda Banten, dan Kakor Korpri Polda Banten serta tambahan perwakilan PNS Polri Gol. III satker Polda dan Polres Jajaran. Dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang.

Dalam arahan dan pembekalan Karobinkar SSDM Polri Brigjen Pol Drs. Eko Indra Heri S, S.H., M.M. pada Rakernis SDM dan Rakorbin PNS Polri Polda Banten Tahun 2017 secara garis besar menyampaikan yaitu :
1. Dinamika Lingstra dan
permasalahan (Global,
Regional dan Nasional);
2. Pembinaan karier (Peran dan
upaya SDM Polri);
3. Kepemimpinan (beda boss
dan pimpinan);
4. Polri yang Promoter;
5. Polri Pilihan hidup (Polisi jalan
untuk mengabdi);
6. SDM unsur terpenting dalam suatu organisasi yang harus dikelola dengan baik.

screenshot_20171014-142715

Acara dilanjutkan dengan paparan Para Kabag di lingkungan Biro SDM Polda Banten, yang diawali paparan Kabagdalpers AKBP Mohammad Rommel, S.I.K. tentang Rekrumen Terpadu Akpol, Bintara (Tugas Umum, Bintara Musik dan TI) dan Tamtama Polri yang lebih Transparan, tegas, berkualitas, dan bila terdapat kecurangan langsung didiskualifikasi. “Inovasi rekrutmen di Polda Banten sudah menggunakan Teknologi Informasi (TI) dan inovasi lainnya adalah penggunaan rompi dengan muatan pesan moral terhadap para Panitia, Pengawas internal dan Eksternal”, ucap Kabagdalpers pada penyampaian paparannya.

Kemudian beliau melanjutkan, kedepan Polda Banten akan melaksanakan program rekrutmen proaktif yang merupakan penjabaran dari program AS SDM Kapolri. Program rekrutmen proaktif yaitu pelatihan terhadap calon polisi yang memenuhi kriteria, suku asli, pegunungan atau daerah tertentu mengutamakan putra daerah, berbakat, sehat jasmani dan rohani serta nilai akhir mutlak harus dipenuhi. Peserta binlat minimal memenuhi syarat umum rekrut Polri.

screenshot_20171014-142642Kemudian paparan dilanjutkan oleh Kabagbinkar AKBP M. Adenan AS, S.H., S.I.K., M.H. membahas tentang aplikasi SMK online dan e-Pangkat yang dalam tahap perencanaan dan pengembangan SSDM Polri. Untuk usulan kenaikan pangkat 2 bulan sebelumnya sudah ada di Dewan Pertimbangan Karier (DPK), adapun untuk periode Januari 2018 sebanyak 190 Personel terbagi atas Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) Reguler Perwira sebanyak 5 personel dan bintara sebanyak 160 personel sedangkan sisanya UKP pengabdian perwira sebanyak 12 personel dan UKP pengabdian bintara sebanyak 3 personel. “Sertijab Kasubbagrohjas Bagwatpers Ro SDM Polda Banten merupakan terobosan Biro SDM Polda Banten”. Ucap Kabagbinkar untuk mengakhir penyampain paparannya.

screenshot_20171014-142615Paparan dilanjutkan oleh Kabagwatpers Ro SDM Polda Banten Widya Andriani, A.Mg, S.E. menyapaikan berkaitan dengan data UKP data Kesemaptaan Jasmani (Samjas) TMT SMT I 2017 sebanyak 7322 personel dan yang ikut 7180 sehingga pencapiannya sudah 98% yang ikut. Pada Perkap 3 Tahun 2016 aturan kenaikan pangkat adalah pelaksanaan beladiri Polri dilaksanakan oleh personel yang berpangkat Bharada s.d. AKP wajib melaksanakannya.

Kemudian disampaikan pula Perkap 4 tahun 2012 tetang tata cara pengajuan tanda jasa dan tanda kehormatan yang mengakomodir personel yang sudah berhak mendapatkan tanda jasa dan tanda kehormatan kepada personel yang sudah mengajukan dan punya Tanhor dan tanda jasa untuk disematkan atau dipakai. Perkap No 3 tahun 2011 tentang tata cara pemberian penghargaan dilingkungan Polri pada pasal 20 dan 21 dewan penghargaan yang ada pada Mabes dan dewan kehormatan ditingkat kewilayahan diputuskan dengan keputusan Kapolda, jajaran mengakomodir data personel yang berprestasi untuk diajukan kepada dewan penghargaan tingkat Polda dengan kriteria status gugur, tewas, cacat, hilang dalam tugas.

Kemudian ke depan, beliau melanjutkan penyampaiannya akan ada kegiatan jelang purnabakti/pensiun yaitu akan dilaksanakan pelatihan keterampilan yang bermanfaat bagi purnabakti/pensiun dimulai 3 tahun sebelumnya masa purnabakti/pensiun. Kemudian Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Ro SDM khususnya Bagwatpers akan berubah menjadi 3 subbag yaitu binrohtaljas, Binpuanpfor dan Hakkhirdin.

screenshot_20171014-142554Dalam Paparannya Kabagpsi Kompol Ahli Rumekso, M.Psi. mengatakan bahwa 1). Bagpsi Ro SDM Polda Banten saat ini sudah dilibatkan dalam Bantuan Teknis (Bantek) Psikologi dalam kegiatan Reskrim; 2). Akan diadakan tes psikologi tahap 2 pada rekrutmen Polri dengan kegiatan wawancara kesehatan dan mental; 3). Bagpsi tidak melaksanakan program rekrutmen proaktif tetapi melaksanakan pemetaan psikologi; 4). Bagpsi telah mengadakan kegiatan mapping Psikologi yaitu mengecek kondisi Psikologis siswa dan pengasuh di SPN Polda Banten, dengan metode wawancara sampling dan dengan hasil analisa dalam kondisi baik. Kemudian Kabagpsi melanjutkan penyampaiannya, bahwa akan diadakan mapping Psikologi kepada calon anggota Polri di akhir pendidikannya; 5). Akan dilaksanakan mapping psikologi dalam penempatan jabatan tertentu untuk penempatan tugas tertentu/jabatan tertentu serta dilaksanakan mapping untuk dukungan rekam jejak perwira di sistem online Mapping Psikogram Polri dam saat ini data rekapitulasi mapping psikologi per Januari s/d September 2017 sebanyak 68,3 % data yang sudah terhimpun; 6). Bagi personel yang mengalami depresi atau gangguan jiwa dan juga bagi anggota yang akan purnabakti/pensiun dari dinas akan ditangani oleh Konselor untuk menyiapkan mental ketika akan purnabakti/pensiun (post power syndrome); 7). Patroli Psikologi adalah kegiatan dalam bentuk sharing ke polsubsektor, polsek dan polres untuk menjadi konselor individu; 8). Pemeriksaan Psikologi berkala yaitu mendeteksi permasalahan anggota dengan cara memberikan form kepada pimpinan anggota dan mengevaluasi nya sebagai database.

Sebelum mengakhiri Paparannya Kabagpsi mengatakan bahwa Bagpsi Ro SDM akan melaksanakan trauma healing bekerja sama dengan Universitas Indonesia terkait bencana alam seperti di Kabupaten Pandeglang.

wwnTerakhir dilanjutkan Paparan Kakor Korpri Polda Banten Penata Tk. I Wawan Mohamad Ihwan, S.Pd.I optimalisasi pembinaan karier PNS Polri dalam rangka mewujudkan SDM yang unggul dan kompetitif bahwa dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 bahwa PNS terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Kemudian Kakor Korpri Polda Banten melanjutkan bahwa peran ASN adalah sebagai pelaksana kebijakan publik, mempunyai kompetensi yaitu kompetensi teknis,
kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

Kompetensi teknis adalah pengetahuan, kemampuan untuk melaksanakan tugas, teknis jabatan, kompetensi managerial adalah pengetahuan, kemampuan untuk memimpin/mengelola unit tugas, kompetensi sosial kultural dalam mengemban jabatan dan memiliki wawasan kebangsaan. Kedepan imbuhnya, sudah dirumuskan dalam bentuk naskah akademik bahwa Polda tipe B dengan jabatan setara eselon IIIA2 dapat diduduki dengan PNS Gol IVB/AKBP, Polda tipe A/A Khusus setara eselon IIIA1 dapat diduduki dengan PNS Gol IVB/AKBP sedangkan tingkat Mabes setara eselon IIB3 dapat diduduki dengan PNS Gol IVC / Kombes Pol.

About

Check Also

Gangguan Kamtibmas di Wilayah Hukum Polda Banten Turun 27%

SERANG – Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi dari data gangguan Kamtibmas pada minggu ketiga bulan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *