Satuan Gegana Musnahkan 1 Kuintal Bahan Peledak Pembuat Petasan

Image result for Gegana Sat Brimob Polda Jawa Timur Musnahkan Ribuan Petasan

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN - Polres Jombang memusnahkan ribuan petasan dan 1 kuintal lebih bahan peledak (obat petasan). Barang berbahaya tersebut hasil sitaan selama puasa hingga lebaran di Kabupaten Jombang. Dalam proses pemusnahan ini, melibatkan Tim Gegana Sat Brimob Polda Jatim. Obat petasan ini diledakkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Banjardowo Kecamatan Jombang, Selasa (11/7/2017).

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Wahyu Norman Hidayat mengatakan, sesuai instruksi bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, bahwa setiap kegiatan pemusnahan bahan-bahan peledak harus melibatkan ahlinya dalam hal ini Tim Gegana Sat Brimob”.

Tim Gegana berseragam serba hitam bersama anggota satreskrim memasukkan bahan-bahan peledak tersebut ke sebuah lubang dengan kedalaman sekitar 5 meter dan diameter 8 meter yang sudah disiapkan. Bahan peledak tersebut sebelumnya dangkut dari mapolres setempat menuju TPA menggunakan sebuah kendaraan Polisi.

Setelah bahan-bahan tersebut itu berada di dalam lubang, tim gegana menyiapkan serangkaian alat peledak. Selanjutnya, petugas Gegana meminta semua orang yang ada di lokasi untuk menjauh dari titik lubang lokasi peledakan. Dalam hitungan 5 mundur, petugas meledakkan bahan tersebut.

Barang bukti bahan peledak yang dimusnahkan terdiri 4.080 petasan jadi siap jual, bahan pembuat terdiri belerang sebanyak 10,5 kilogram, serbuk peledak 23 kilogram, potasium 18 kilogram, brown 55 kilogram, dan semen putih 50 kilogram serta 400 biji selongsongan.

Semua barang bukti ini disita dari 20 tersangka berasal dari beberapa kecamatan di wilayah hukum Polres Jombang. Saat ini para tersangka menjalani proses hukum dan diancam dengan Pasal 1 ayat (1) dan ayat (3) UU Darurat No 12 Tahun 1951. Ancaman pidananya maksimal 12 tahun penjara.

Sumber : tribratanews.polri.go.id
Ediotr    : P Winoto
Publish  : iman

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …