Strategi Polda Banten Dalam Antisipasi Penumpukan Kendaraan Jalur Mudik dan Wisata


Serang- Lebaran Tahun ini akan terasa lebih berbeda dengan tahun Sebelumnya dimana estimasi pergerakan masyarakat yang akan mudik lebih besar dari tahun sebelumnya. Untuk mengatasi lonjakan pergerakan masyararakat dalam momen Idul Fitri Dirlantas Polda Banten menyiapkan strategi penanganan Jalur mudik dan wisata di wilayah hukum Polda Banten.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyadi mengatakan Polda Banten merupakan salah satu daerah yang akan dilintasi oleh pemudik. “Puncak arus mudik dari Jakarta yang akan menuju ke Sumatera melalui pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada 29 hingga 30 April, dimana pemudik akan melintasi jalur Tol Tangerang-Merak dan Jalur Arteri yang melintasi jalur Citra Raya di Kabupaten Tangerang sampai dengan Pelabuhan Merak,” ucap Dirlantas pada Selasa (19/04).

Dirlantas mengatakan untuk menghadapi kepadatan arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak akan melakukan rekayasa lalulintas. “Untuk mengantisiapasi kepadatan volume kendaraan dari Jakarta menuju Merak melalui gerbang tol Cikupa Ditlantas akan melakukan pemantauan dari CCTV, jika terjadi kepadan arus lalulintas maka akan dilakukan rekayasa lalulintas dengan melakukan buka tutup gerbang tol Cikupa arah Merak selain itu juga akan melakukan contra flow sehingga dapat mengurai kepadatan kendaraan,” ujar Dirlantas.


Selain itu juga Dirlantas Polda Banten  telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi dan mempersiapkan pengamanan yang berorientasi pada kenyamanan masyarakat yang akan menghabiskan waktunya di tempat destinasi wisata di wilayah Banten, Polda Banten akan memberlakukan ganjil-genap untuk kendaraan yang melintas khusus pada destinasi wisata baik di Cilegon, Pandeglang dan Lebak. “Pelaksanaan  kegiatan pengamanan wisata dimulai H+1 atau jatuh pada 3 April, untuk mengantisipasi Kemacetan maka kami akan memberlakukan ganjil genap khususnya dijalur-jalur wisata, seperti yang pernah diberlakukan sebelumnya pada akhir tahun 2021 lalu untuk kenyamanan para pengunjung,” tutur Dirlantas.

Terahir Dirlantas mengatakan apabila pengemudi mendapatkan hambatan saat mudik dapat menghubungi Call Center 110 atau update informasi arus mudik terkini di media sosial Humas Polda Banten. Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Bidhumas)

About admin _

Check Also

http://tribratanews.banten.polri.go.id/cegah-adanya-perang-sarung-anggota-polsek-rangkasbitung-polres-lebak-patroli-dialogis-taman-angklung/

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat,Polsek Cilegon Polres Cilegon Polda Banten melaksanakan pengaturan arus …