Tingkatkan Kesiapan Hadapi Pemilu, Polresta Tangerang Gelar Simulasi Sispamkota

Polresta Tangerang Polda Banten menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) di Kantor KPU Kabupaten Tangerang, Selasa (10/9/2023). Kegiatan dilaksanakan guna meningkatkan kesiapan para personel dalam mengamankan Pemilu 2024.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, pada kegiatan simulasi Sispamkota disiapkan skenario tertentu sebagai dasar latihan kesiapan.

“Tentu kita tidak boleh underestimate. Persiapan harus tetap dilakukan dengan matang dan terencana,” kata Sigit.

Adapun skenario yang disiapkan adalah diasumsikan pada kegiatan Rapat Pleno Penghitungan Suara tingkat Kabupaten di Kantor KPU Kabupaten Tangerang pada Sabtu (24/2/2024) terjadi pergerakan massa. Situasi yang awalnya kondusif berangsur memanas karena adanya sekelompok orang dari calon tertentu yang hendak menggelar aksi unjuk rasa di Kantor KPU.

“Pada situasi ini, pimpinan memerintahkan kepada Kabag Ops untuk mengirimkan tim negosiator dan tim pengendali massa,” kata Sigit.

Kemudian diasumsikan pula, ada sekelompok orang dari luar daerah hukum Polresta Tangerang yang hendak menuju Kantor KPU Kabupaten Tangerang. Pada situasi ini, pimpinan Polresta Tangerang memerintahkan kepada semua kepala pengamanan objek untuk melakukan penyekatan di wilayah perbatasan daerah hukum, exit tol, objek vital, dan kawasan industri.

“Kemudian diasumsikan massa sudah tiba di Kantor KPU dan mulai menggelar orasi,” terang Sigit.

About admin

Check Also

Bhabinkamtibmas Polsek Rangkasbitung Polres Lebak Sambangi Pedagang Kopi

Bhabinkamtibmas Polsek Rangkasbitung Polres Lebak BRIGPOL Imam Solichin, melaksanakan program Kapolri.Quick Wins Presisi Polri sekaligus …