Usai Dilantik, Kapolda Banten Langsung Terjun ke Lokasi Bencana Lebak

whatsapp-image-2020-01-07-at-16-05-29

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Lebak – Banten | Usai dilantik Kapolda Banten, Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso S.H., terjun langsung mendampingi kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo ke wilayah Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (7/1/2020) siang.

Bersama Presiden, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso meninjau Posko Pengungsi korban terdampak banjir bandang dan Longsor di Banjar Irigasi dan Pondok Pesantren La Tansa Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak.

“Tadi saya ikut mendampingi Kapolda dan bapak Presiden, meninjau langsung di beberapa lokasi yang terdampak bencana, seperti Ponpes La Tanza, dan Posko Pengungsi di Lebak Gedong,” kata Kombes Pol Edy Sumardi saat ditemui di lokasi kunjungan.

Meski baru di lantik, lanjut Edy, Kapolda Banten menyempatkan diri datang langsung meninjau situasi dan pengerahan personel di lokasi-lokasi terdampak bencana.

“Karena ingin secara langsung melihat kondisi serta penanganan apa saja yang sudah dilakukan oleh anggota Polda Banten,” ujarnya.

Banjir bandang disertai longsor di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Lebak antar lain Kecamatan LebakGedong, Sajira, Curugbitung, Maja, Cimarga dan Cipanas ini membuat 3.177 Kepala Keluarga (KK) mengungsi.

Ribuan KK mengungsi diakibatkan dari rusaknya rumah dan terisolasinya beberapa desa karena jembatan yang hancur dan tidak adanya pasokan pangan serta kebutuhan lainnya.

Polda Banten beserta jajaran bersama-sama dengan TNI, Basarnas, Dinas Kesehatan, dan pemerintah bahu-bahu membahu melakukan penanggulangan bencana.

Posko Pengungsian, perbaikan infrastruktur akses jalan kemudian penyaluran bantuan kebutuhan baik pengungsi maupun warga yang bertahan di tempat tinggalnya terus diupayakan Polda Banten dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Senin (6/1/2020) kemarin, menginstruksikan jajaran untuk turun langsung ke lapangan dalam penanganan banjir yang terjadi di beberapa wilayah.

Secara khusus, ia menggarisbawahi soal pentingnya pemberian pelayanan kesehatan serta bantuan bagi warga terdampak banjir.

TNI beserta Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana diminta untuk terjun langsung dan memberikan bantuan tenaga ke lokasi terdampak banjir.

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …