Arus Balik Idul Adha, 60 Persen Kendaraan Tiba dari Sumatera

Arus Balik Idul Adha, 60 Persen Kendaraan Tiba dari Sumatera

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub Cucu Mulyana melaporkan perkembangan arus balik di Pelaburan Merak, Banten. Ia mengatakan saat ini sudah ada 70 persen penumpang dan 60 persen kendaraan dari Sumatera yang kembali ke Jawa di arus balik libur Idul Adha.

“Ada 20 ribu penumpang, 18 ribu kendaraan waktu arus mudik. Untuk arus balik Hari Sabtu dan Minggu sudah 13 ribu penumpang, 10 ribu kendaraan. Sudah 70 persen penumpang, 60 persen kendaraan yang kembali,” ujar Cucu kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya lewat video conference di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2017).

Cucu juga mengatakan bila jumlah penumpang dan kendaraan yang melewati Pelabuhan Merak mengalami peningkatan. Terjadi peningkatan sebesar 16 persen untuk penumpang dan 24 persen untuk kendaraan dibanding tahun 2016 lalu.

“Dari 2016 ada pembahan yang cukup signifikan yaitu 16 persen penumpang dan 24 persen kendaraan,” papar Cucu.

Untuk pola operasi sendiri, Pelabuhan Merak membuka 5 dermaga dan 30 kapal. Tiap kapal mendapat waktu 1 jam di dermaga, rinciannya 48 menit untuk bongkar muat dan 12 menit untuk manuver. Untuk lalu lintas di Pelabuhan Merak masih lancar.

“Saat ini pola operasi di Pelabuhan Merak membuka 5 dermaga dan 30 kapal. Lalu lintas di Bahauheni ramai lancar, untuk di Merak lancar,” tutupnya

Pada video conference ini laporan disampaikan dari Pulau Jawa dan Bali. Selain dari ASDP Merak, laporan juga disampaikan dari beberapa stasiun dan pintu tol.

Editor   : P Winoto
Publish : iman
Sumber : detik.com

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …