Bhinmas dan Babinsa Patroli Bersama di Kec. Cimarga

humas-1

tribratanewsbanten.com – Tujuan negara secara umum adalah menyelenggarakan kesejahteraan dan kebahagiaan rakyatnya. Tujuan negara merupakan pedoman dalam menyusun dan mengendalikan alat perlengkapan negara serta mengatur kehidupan rakyatnya. Tujuan dari tiap-tiap negara dipengaruhi oleh Tempat, sejarah pembentukan, dan pengaruh dari penguasa negara yang bersangkutan. Dengan mengetahui tujuan negara, kita juga dapat mengetahui sifat organisasi negara dan legitimasi kekuasaan negara tersebut, seperti halnya dalam pelaksanaan tugasnya Anggota Bhinmas terkadang melakukan patroli bersama dengan Anggota Babinsa, dalam rangka mewujudkan tujuan negara secara umum.

seperti yang terjadi di wilayah hukum Polda Banten tepatnya di Polsek Cimarga, kekompakan wiyalah bersama antara Petugas Babinsa yang bernama Serda Suradi, dan Kanit Binmas Polsek Cimarga Brigpol Agung. Melaksanakan patroli bersama dan mengajak anak-anak sekolah yang kehujanan sepulang sekolah di area perkebunan sawit Kp. Bantarjaya, Desa Jayamanik, Kec. Cimarga, Kab. Lebak.

Sebagai mana yang kita ketahui bersama Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan PEMBINAAN TERITORIAL (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan.  Di era reformasi sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan BINTER sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.

Menurut Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer. Secara pokok, tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

-Polsek Cimarga-

About

Check Also

Anev Operasi Ketupat Maung 2024 Bidang Lalu Lintas Polda Banten

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten telah melaksanakan Operasi Ketupat Maung 2024. Operasi Ketupat ini berlangsung …