Biddokkes Polda Banten Bekali Anggota Yang Bertugas Dilapangan Tentang Bahaya HIV/AIDS

20171010_083202_001_01

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Kabiddokkes Polda Banten AKBP Dr. Nariyana M Kes membuka kegiatan Pelatihan Peer Leader HIV/AIDS di Aula Lantas Polda Banten, Selasa (10/10).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh AKBP Dr Nariyana tepat pada jam 08.30 Wib ini diikuti oleh 40 peserta pelatihan.

Peserta pelatihan yang terdiri dari satuan kerja operasiona, seperti Ditreskrimum, Ditlantas, Ditresnarkoba, Ditsabhara, Dittahti, Ditpolair, Satbrimob, Polres/Ta dan melibatkan juga 4 (empat) personel Polda Metro.

Kabiddokkes Polda Banten AKBP Dr Nariyana mengungkapkan, pelaksanaan pelatihan ini akan dilangsungkan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 10 s.d 12 Oktober 2017. Dari pelaksanaan selama tiga hari ini, peserta akan diberikan materi pengetahuan, pencegahan dan praktek latihan.

“nantinya peserta pelatihan akan dibekali pengetahuan tentang apa itu HIV/AIDS, pencegahan dan penanganan ketika melakukan tugas-tugas kepolisian yang melakukan kontak langsung,” ungkapnya.

Lanjutnya, Kabiddokkes mengatakan, personel polri di lapangan termasuk kedalam kelompok yang beresiko tinggi tertular HIV dan AIDS. Personel di lapangan rentan tertular penyakit saat berkontak dengan penderita, dalam hal ini penderita bisa sebagai korban maupun tersangka pada kasus kriminal

“misalkan Polantas menolong masyarakat yang mengalami lakalantas, mereka tidak mengetahui saat melakukan kontak dengan penderita (korban-red) tanpa memakai alat pelindung diri yang baik. Sementara dia tidak tahu kalau yang ditolongnya adalah seorang penderita,” kata AKBP Dr Nariyana.

Harapnya, dengan adanya pelatihan ini personel dilapangan memahami informasi tentang HIV/AIDS dan mampu menjadi corong informasi terhadap upaya penanggulangan serta pencegahannya.

“setelah pelatihan ini usai, saya harap personel dapat menjadi agen perubahan perilaku beresiko menjadi perilaku tidak beresiko yang mampu menekan mata rantai penularan,” harapnya.

                           
Editor : muridi
Publish : iman

About

Check Also

Biddokes Polda Banten Rutin Sosialisasi di RS Bhayangkara Cegah Penyebaran Covid-19

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,Serang – Dalam rangka Ops Aman Nusa 2 Kalimaya 2020 sebagai upaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *