Ditbinmas Polda Banten Gelar Focus Group Discussion Dengan Pengguna Satpam dan BUJP

Serang – Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari hadiri sekaligus membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema sinergitas Ditbinmas Polda Banten dengan pengguna satpam dan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dalam rangka mewujudkan satpam yang Profesional guna mendukung harkamtibmas serta pemulihan ekonomi nasional yang dilaksanakan di Hotel Ultima Ratu Horison Kota Serang pada Rabu (30/11).

Turut hadir dalam kegiatan Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto, Pejabat Utama Polda Banten, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Provinsi Banten Septo Kalnadi, Asisten Deputi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten Yasaruddin, Ketua Asosasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) BPD Banten Djasman, Ketua Umum Asosasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (Apjasi) Leonard Abdul Aziz serta diikuti para pimpinan pengguna Satpam dan BUJP.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari membacakan sambutan Kapolda Banten, bahwa tugas pokok fungsi Binmas sebagai penanggung jawab bidang preemtif. “Tugas pokok Binmas adalah preemtif sebagaimana tercantum dalam Perkap Nomor 1 tahun 2019 tentang sistem manajemen dan standar keberhasilan operasional Polri,” kata Ery.

Definisi Preemtif cara bertindak dalam operasi kepolisian yang kegiatanya bersifat penangkalan. “Adapun upaya penangkalan melalui penataan aspek kehidupan, pembinaan serta bimbingan terhadap masyarakat agar memilik daya tangkal dan daya lawan serta tidak mudah terpengaruh oleh berbagai ancaman sekaligus dalam rangka mewujudkan kesadaran maupun partisipasi terhadap pemeliharaan stabilitas Kamdagri,” ucap Ery.

Serta guna untuk merealisasikan tugas pokok tersebut, “Kegiatan juga bertujuan untuk merealisasikan tugas pokok yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Ery.

Sebagaimana harapan Kapolri dalam program Presisi. “Adapun salah satu program Presisi yaitu Pam Suakarsa yang akan diperanaktifkan kembali dalam rangka membantu kepolisian untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat,” lanjut Ery.

Tujuan dilaksanakanya kegiatan FGD sebagai langkah sinergitas antara Ditbinmas Polda Banten dengan Stakeholder terkait untuk mewujudkan satpam yang Profesional guna mendukung harkamtibmas dan pemulihan ekonomi nasional. “Dengan tujuan antara lain mengenali, memahami, mengidentifikasi, pengelolaan serta pembinaan satpam oleh pengguna jasa dan menganalisis kendala dan hambatan, terumuskan kesepakatan bersama antara para pengguna satpam, BUJP dan Disnaker maupun badan penyelenggara Jamsostek termasuk Abujapi serta Apjasi yang difasilitasi Ditbinmas,” tutup Ery. (Bidhumas)

About admin

Check Also

Personil Polsek Panggarangan Polres Lebak melaksanakan giat sambang Ke Kantor Desa Cihara

Guna mendukung program Kapolda Banten “Cooling Sistem” dan memelihara harkamtibmas yang sudah terjaga aman dan …