Divisi Humas Mabes Polri Sosialisasikan Kontra Radikal di Polres Serang

55

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Tim Divisi Humas Mabes Polri yang diketuai oleh Kombes Pol. Sulistyo Pujo Hartono, S.Ik M.Si, melakukan monitoring Pelaksanaan Tugas Operasi Kontra Radikal dan Deradikalisasi di wilayah Polres Serang.

Monitoring ini dilaksanakan untuk melihat pelaksanaan Sosialisasi Program Kontra Radikal dan Deradikalisasi Mengantisipasi Organisasi Radikal dan Anti Pancasila di Wilayah Hukum Polres Serang yang digelar jajaran Polres Serang yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Serang , Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Serang.

Acara tersebut bertempat di Aula 2 Mapolres Serang yang dimulai pukul 13.00 Wib dan dihadiri oleh perwakilan tokoh masyarakat dan agama dari tiap tiap Kecamatan di Wilayah Hukum Polres Serang, dan hadir dalam dialog tersebut sebagai narasumber yakni Amas Tadjuddin sebagai Sekretaris FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) Banten.

Pada kesempatan ini, Kombes Pol. Sulistyo Pujo Hartono, dalam sambutannya menjelaskan, Radikalisme adalah faham yang dibuat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau perubahan sosial dan politik dengan cara kekerasan.

“Teroris targetnya sekarang semua orang, dimana akhir-akhir ini sasaran teroris di masyarakat sipil apalagi sifatnya yang tidak sesusai dengan ajaran agama,” kata Kombes Pol Sulistyo Pujo Hartono.

Sementara itu, lanjut Kombes Pol Sulistyo Pujo Hartono, Deradikalisme merupakan upaya menetralisir paham radikal bagi mereka yang terlibat sedangkan kontra radikal adalah upaya untuk menentang/melawan kegiatan radikal dengan tujuan terjaganya stabilitas. Hal ini perlu ditumbuh kembangkan dalam pemahaman masyarakat.

Menurut Kombes Pol. Sulistyo Pujo Hartono, S.Ik M.Si, beberapa akar masalah paham radiakalisme yakni dengan mudah menjatuhkan vonis kafir dan menutup celah perbedaan itu sendiri.

“Dengan menggunakan paham radikal, teroris membenarkan kekerasan, contoh kasus Bom bunuh diri maka pentingnya selain aparat, perlunya masyarakat tumbuhkan rasa persatuan, jangan sampai terkontiminasi dari paham komunis, ujarnya.

Sementara itu, Waka Polres Serang, Kompol Heri Sugeng S.Ik , ditemui usai kegiatan mengungkapkan, kedatangan dari Tim Div Humas Polri untuk monitoring Sosialisasi Kontra Radikal dan Deradikalisme yang dijalsanakan jajarannya.

Dalam program ini, Polres Serang berencana mengembangkan sosialisasi tersebut ke seluruh lapisan masyarakat yang berada di wiliyah hukum Polres Serang guna mencegah paham Radikalisme menjangkit kepada masyarakat”, begitu ucapnya.

Penulis : Ganjar (Humas Polres Serang)
Editor   : iman
Publish : iman

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …