Festival Adat Kasepuhan Banten Kidul

upload-07-september-2016-bhabinkamtibmas-3-jpg upload-07-september-2016-bhabinkamtibmas-1
Sekitar 700 masyarakat adat yang ada di desa Sindanglaya Kec. Sobang menggelar ‘Riuangan Kasepuhan’ dalam tema Festival Kesatuan Adat Banten Kidul (Sabaki). Festival ini menampilkan berbagai macam kesenian dan kerajinan tangan tradisional dari berbagai lembaga adat di Banten Kidul (Banten Selatan).

Kepala Kepolisian Sektor Sobang AKP Redi Yasid dan anggota Bhabinkamtibmas Briptu Nurbuana melakukan pengamanan pada kegiatan tersebut. Festival Sabaki yang dibuka oleh Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi SE MSi, dan ketua DPRD lebak Enjun Junaedi Jarna rabu pagi tadi (7/9).

Masyarakat Hukum Adat (MHA) Banten Kidul telah meninggali wilayah Pegunungan Halimun Salak sejak abad ke-17 Masehi. Dimana, Perda Nomo 8 Tahun 2015 itu juga akan mengakui wilayah adat sebagai ruang kehidupan masyarakat Kasepuhan. Untuk pertama kalinya di Indonesia sebuah perda pengakuan MHA memiliki lampiran tentang wilayah adat.

Ada satu hal yang tidak boleh ditinggalkan oleh masyarakat adat Kasepuhan yaitu bertani. Bertani merupakan mata pencaharian mereka sehari-hari, mulai dari bertani disawah, ladang dan kebun. Untuk Pertanian yang menjadi prioritas mereka yaitu untuk pesawahan. Setidaknya terdapat 67 komunitas Kasepuhan yang mendiami wilayah Gunung Halimun Salak. Sedangkan di Kabupaten Lebak sendiri memiliki 57 kasepuhan yang terdiri dari pupuhun kasepuhan, sesepuh kampung dan sesepuh rendangan.

Mata pencaharian utama warga adat kasepuhan yaitu bertani terutama untuk pesawahan dan berladang merupakan pekerjaan sampingan. Warga adat Kasepuhan pekerjaan utamanya bertani di pesawahan dan itu memerlukan air. Oleh karena itu masyarakat adat sangat menjaga kelestarian hutan yang merupakan sumber penghidupan bagi mereka. Dalam kelembagaan adat, telah diatur tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh warga adat kasepuhan. Ngajaga leuweng adalah merupakan salah satu bentuk kepedulian warga adat Kasepuhan dalam menjaga dan melestarikan hutan.

About

Check Also

Akibat Kecelakaan Beruntun di Tol Tangerang – Merak, 1 Orang Meninggal Dunia

Serang – Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo membenarkan telah terjadi kecelakaan lalu lintas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *