Kapolres Serang Hadiri Pengukuhan Tim Saber Pungli Bersama Forkopimda Kabupaten Serang

photo_2017-11-06_14-42-54

zxczx

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Serang – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang terdiri dari Kodim 0602 Serang, Polres Serang, Kejari Serang dan Inspektorat Kabupaten Serang dikukuhkan oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Pengukuhan 35 personil pembarantasan pungli ini dilakukan di Pendopo Bupati Serang, Senin (06/11).

Dalam sambutannya, Bupati Serang berharap, dengan dibentuknya Tim Saber Pungli Kabupaten Serang bisa lebih memaksimalkan kinerja penegakan hukum di Kabupaten Serang, karena masyarakat sudah menunggu kinerja nyata dari tim penegak hukum untuk memberantas pungutan liar yang selama ini kerap terjadi.

“Mudah-mudahan penegakan hukum bisa lebih baik lagi dan merata karena betul-betul ditunggu masyarakat. Kualitas bisa hancur kalau pungli ini merajalela. Saya selaku bupati serang terus mendorong integritas penegak hukum,” ucap Ratu Tatu.

Kapolres Serang AKBP Wibowo mengatakan bahwa, ” kepada Tim Saber Pungli yang baru dibentuk untuk bisa mencari tahu modus yang dipakai oleh para pelaku pungli dalam melakukan aksinya. Selain itu menurutnya, kalau memang pungli bisa dicegah maka hal itu sebaiknya dilakukan sejak awal”, ujar Kapolres Serang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Kabupaten Serang yang juga menjabat sebagai Wakapolres Serang Kompol Heri Sugeng menjelaskan, ada tiga tugas pokok yang diemban tim Saber Pungli Kabupaten Serang diantaranya preventif, preemtif dan represif.

“Represif adalah alternatif terakhir yang akan kita lakukan dengan operasi tangkap tangan,” ujar Wakapolres Serang.

Wakapolres Serang juga menambahkan bahwasannya”, yang menjadi fokus utama pengawasan tim Saber Pungli meliputi perizinan, bantuan dana desa (DD), Bantuan Hibah dan Bansos. Karena dirasanya titik tersebut sangat rawan terjadi pungli.

“Kalau di sini kita masih monitor terkait dengan pelayanan publik, perizinan, dana desa, dana pemerintah pusat, itu yang nanti kita lakukan penindakan-penindakan. Jangan sampai dana dari pemerintah itu tidak tersalurkan dengan baik,” tandasnya.

                              
Penulis : Ganzar
Editor   : Muridi
Publish : iman

About

Check Also

Alumni Akpol 1999 Batalyon Endra Dharmalaksana Gelar Vaksinasi Berhadiah Paket Sembako Kepada Masyarakat dan Pelaku Usaha Wisata Desa Citorek

Lebak – Percepatan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan jajaran Kepolisian. Kali ini adalah Alumni Akpol 1999 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *