Kapolres Serang Latih Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Serang Dalam Pengawalan Dana Desa

852234753_247213

Hdjdj

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Serang - Ratusan personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat atau Bhabinkamtibmas di Jajaran Polres Serang mendapatkan pelatihan terkait pengawalan pengelolaan alokasi dana desa dan dana desa (ADD/DD).

“Sosialisasi dan pelatihan pengawalan bersama pengelolaan dana desa ini diiukuti oleh seluruh personel atau 160 Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa dan kelurahan,” ujar Kepala Kepolisian Resort Serang AKBP Wibowo pagi tadi di aula II Mapolres Serang.

Keterlibatan Bhabinkamtibmas dalam mengawal pengelolaan dana desa, lanjut dia, bertujuan untuk mengawasi dan memberikan informasi ke Polres terkait kegiatan pembangunan maupun kegiatan lain di desa dalam menggunakan ADD/DD.

Selain itu, katanya, pengawasan pengelolaan ADD/DD itu sangat penting guna mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya penyimpangan atau penyalahgunaan kegiatan yang menggunakan dana desa.

“Tentunya kalau dikatakan ada kerawanan penyimpangan dana desa tidak menutup kemungkinan ada. Oleh karena itu dengan adanya keterlibatan Bhabinkamtibmas mengawal dan mengawasi di desa-desa dapat meminimalisir penyalahgunaan anggaran,” ucap Kapolres Serang.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Resort Serang Kompol Heri Sugeng menambahkan bahwa, keterlibatan Bhabinkamtibmas mengawal pengelolaan dana desa ini dapat meminimalisir terjadinya penyimpangan penggunaan dana desa. Sehingga kepala desa dapat berhati-hati dalam menggunakan anggaran.

“Sebelumnya pada 2016 temuan BPK tercatat ada puluhan desa di wilayah hukum Polres Serang yang dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur kurang dari volume pekerjaan. Sehingga kepala desa diminta untuk mengembalikan kekurangan atau menambah volume,” tuturnya.
                              
Penulis : Ganzar
Editor   : Muridi
Publish : iman

About

Check Also

Peduli Warga Kurang Mampu, Kapolsek Kragilan Berikan Bantuan Sembako

Sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan serta memberikan kesejukan dan pesan damai …