Kapolresta Tangerang Sampaikan Orasi Ilmiah di Hadapan Wisudawan Akademi Kepolisian Angkatan 48 Detasemen Hastadharana

img-20170713-wa0009

TRIBRATA NES POLDA BANTEN – Polres Kota Tangerang, Bertempat di Akademi Kepolisian Negara Republik Indonesia, tepatnya di Gedung Auditorium Cendrawasih Jl. Sultan Agung, No.131, Candi Baru, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kapolres Kota Tangerang AKBP M. Sabilul Alif, SH, S.Ik, M. Si, memberikan orasi ilmiah dihadapan wisudawan Taruna Akademi Kepolisian Angkatan 48 Detasemen Hastadharana, Kamis (13/7).

Dalam orasi ilmiah tersebut, Kapolres Kota Tangerang AKBP M. Sabilul Alif, SH, S.Ik, M. Si, yang mengangkat tema “Implementasi Ilmu Kepolisian Untuk Kinerja Polri Yang Profesional, Modern dan Terpercaya”, berpesan kepada wisudawan untuk mampu menunjukan diri sebagai polisi yang profesional, modern dan terpercaya. Terlebih pelaksanaan tugas bagi para wisudawan yang sebentar lagi akan terlibat langsung sebagai polisi aktif.

Akademi Kepolisian sebagai perguruan tinggi yang kini dalam Akreditasi Institusi, maupun Akreditasi Program Studi sudah memiliki Kualifikasi Akreditasi A, tentu saja harus mampu meluluskan perwira sarjana sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Mendidik para taruna mahasiswa agar memperoleh kualifikasi tersebut tidak mudah. Apalagi lulusan Akpol tidak hanya dituntut untuk mempunyai kualifikasi sarjana terapan, tetapi juga harus mempunyai kualifikasi sebagai perwira kepolisian yang mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul” ucap AKBP M Sabilul Alif.

Menjadi professional, Modern, dan Terpercaya, merupakan bentuk yang tak bisa diganggu-gugat di zaman menggila informasi dan teknologi. Pemimpin dan bawahan harus melakukan aksi nyata. Menyapa, mendengarkan, dan peduli keluhan masyarakat tanpa terkecuali.

Menurutnya, dalam rangka mewujudkan kinerja Polri yang memenuhi harapan masyarakat, harus diawali dulu dengan pendekatan ke masyarakat yang baik (social approach) dengan tiga pendekatan, yaitu fisik, intelektual, dan emosional.

“Dicintai masyarakat merupakan kata kunci yang harus diraih sejak awal sebagai prasayarat untuk menuju kesuksesan,” imbubnya.

Oleh karena itu, dirinya juga mengungkapkan mempunyai prinsip siap memimpin dan sanggup dipimpin. Hal ini merupakan sunnatulloh yang tak bisa dihindari dari hakikat penciptaan manusia untuk mampu memimpin diri, keluarga, lembaga, hingga negara.

“Institusi Polri harus dipenuhi abdi Bhayangkara inovatif, kreatif, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kapolres.

Sebagai penutup, AKBP M Sabilul Alif, memberikan salah satu untaian kata yang menjadi motivasi dalam menjalankan pengabdian sebagai insan Bhayangkara yakni, “Niatkan setiap hembusan napas dan langkahmu hanya untuk ibadah. Polisi adalah profesi mulia dan jalan menuju surga. Pangkat dan jabatan hanya sesaat, persahabatan selamanya”.

Penulis : Humas Polresta Tangerang
Editor   : P Winoto
Publish : iman

About

Check Also

Beri Wadah Kebebasan Berekspresi, Polri Gelar Festival Mural Piala Kapolri 2021

Jakarta – Polri menggelar festival atau lomba seni mural Piala Kapolri 2021, yang rencananya bakal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *