Kapolsek Pagelaran Hadiri Advokasi TB di PKM Pagelaran

Pandeglang, Banten – Kapolsek Pagelaran Polres Pandeglang, IPTU. Rahya, menghadiri Pelaksanaan Advokasi Tuberculosis tingkat Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten, kAMIS (14/10/2021).

Acara yang bertemakan Temukan TB Sedini Mungkin Untuk Mencegah Penularan “Tasbih” Temukan Awasi Sampai Sembuh TB HIV tersebut, di gelar di Aula Puskesmas Pagelaran dan dihadiri oleh Camat Pagelaran, Drs. Holil Mz, Kepala Puskesmas Pagelaran, Yayan mahdiayan S.km, Danramil Pagelaran, Kapten Jajang Juanda, Perwakilan Staf Desa Se Kecamatan Pagelaran serta Kader PKK Staf Desa Se Kecamtan Pagelaran.

“Seperti yang kita ketahui, penyakit Tuberculosis (TBC) dan HIV, masih menjadi Momok penyakit kronis yang masih mengancam. Bahkan, tingkat kematian akibat penyakit tersebut masih tinggi secara nasional,” ungkap Kepala Puskesmas Pagelaran, Yayan mahdiayan S.km, usai acara.

Dengan diadakannya kegiatan Advokasi TB dan HIV ini, lanjut Yayan, yakni dalam rangka peningkatan kapasitas Kader Desa dan Perangkat Desa sebagai mitra Puskesmas Pagelaran. “Sementara, di Kecamatan Pagelaran, untuk Penyakit TBC itu ada, kalau HIV nihil,” tambahnya.

Tadi disampaikan saat pertemuan, Masih kata Yayan, apabila warga di Kecamatan Pagelaran ada warga dengan keluhan demam, batuk berdahak lebih 2 minggu, lemah lesu, keringat malam hari padahal tidak beraktivitas, ini tanda tanda Tuberkulosis.

“Dihimbau agar segera datang ke Puskesmas untuk dicek Sputum BTA memastikan penyakit TBC nya, dan perlu diketahui pengobatan TBC tersedia gratis di Puskesmas sampai 6 atau 8 bulan. Begitu pula dengan HIV,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yayan menuturkan, untuk HIV kami fokus sasaran kepada ibu hamil, jadi setiap ibu hamil wajib periksa HIV. “Semua Bumil harus di test HIV, bukan test HIV aja kita pun menyediakan test yang lain seperti test Sifilis dan Hepatitis dan semuanya GRATIS, dengan tujuan agar bayinya sehat ibunya pun sehat,” ujar Yayan seraya menambakan, warga harus jalani hidup sehat, PHBS adalah ikhtiar kita menjauhkan dari penyakit.

Sementara itu, Kapolsek Pagelaran, Iptu Rahya menambahkan, dalam kegiatan Advokasi TBC dan HIV di wilayah hukum Polsek Pagelaran ini, Polsek Pagelaran turut mengawal dalam pelaksanaannya.

“Hal ini patut kita sampaikan kepada masyarakat, pentingnya hidup sehat. Karena, di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini ada penyakit yang sama menularnya. Bahkan, tingkat kematiannya pun masih tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, kata Kapolsek Pagelaran, kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Pagelaran kami menghimbau, selain kita harus jalani hidup sehat, di tengah pandemi ini tetap Patuhi Prokes Covid-19. “Patuhi 5 M, dan ikuti Vaksin, karena dengan begitu kita berikhtiar membentuk kekebalan tubuh,” tutupnya.

About admin _

Check Also

Operasi Yustisi, Polresta Tangerang Gelar Apel Kompi Siaga

Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten menggelar Apel Kompi Siaga di Lapangan Apel Gedung Presisi Polresta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *