Kawal Ketat Dana Desa, Polsek Cikedal Turunkan Bhabinkamtibmas Catat APBDes

img-20171020-wa0011

 

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN, Cikedal – Menindaklanjuti nota kesepahaman antara Kapolri,Mendagri, dan Mentri Desa terkait pengawasan Dana Desa, Brigadir Zaenal arifin selaku Bhabinkamtibmas desa mekarjaya mencatat APBDes yang terpampang di kantor desa mekarjaya, Kamis (26/10).

Brigadir Zaenal Airifin menerangkan, pencatatan anggaran tersebut agar memudahkan pengontrolan dan pengawasan anggaran Dana Desa yang dikucurkan dari pemerintah pusat ke desa mekarjaya.

“Sesuai instruksi Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan untuk langkah awal pengawasan dilakukan pencatatan jumlah anggaran yang diterima,” terang Zaenal.

Ketika ditemui Pejabat Sementara (PJS) Desa Mekarjaya Murtiningsih menerangkan, untuk anggaran tahun 2017 Desa Mekarjaya mendapatkan total pendapatan anggaran sebesar Rp 1.218.242.000,- yang bersumber dari 4 sumber anggaran, terdiri dari : Dana Desa (Pemerintah Pusat) sebesar Rp 777.624.000, Alokasi Dana Desa/ADD (APBD) sebesar Rp 396.424.000,.

Selain itu juga, anggaran didapatkan dari Hasil Pajak dan Retribusi /BPHPR (APBD) sebesar Rp 14.194.000, dan Bantuan Keuangan dari Propinsi sebesar Rp 30.000.000.

“Semua anggaran yang didapat dialokasikan atau dibelanjakan untuk 4 bidang, bidang pelaksanaan pembangunan desa, bidang penyelenggaraan pemerintah desa, bidang kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat”,terangnya.

ditambahkan lagi menurut perempuan yang juga menjabat sebagai kasi pemerintahan dikantor Kecamatan Cikedal, pihaknya sangat menyambut gembira jika dari pihak kepolisian dalam hal ini bhabinkamtibmas mempunyai peranan langsung untuk mengawasi pembangunan yang ada didesa tersebut.

Ditempat terpisah Kapolsek Cikedal Iptu M Samsuri menuturkan, diwilayah hukum Polsek Cikedal terdapat sepuluh desa yang semuanya mendapatakan anggaran Dana Desa, sedangkan untuk jumlah bhabinkamtibmas yang ada hanya tujuh personil. “Meskipun jumlah personel tak seimbang, semaksimal mungkin mengawal dan mengawasi setiap pembangunan desa yang ada diwilayah hukumnya,” tuturnya.

                              
Penulis : Ervan
Editor   : Muridi
Publish : iman

About gyftgdfghhfgdf

Check Also

Cegah Covid 19, Ditpolairud Polda Banten Semprot Disinfektan Kantor dan Lingkungan

|TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN,BANTEN – Dalam mencegah penyebaran covid 19, Direktorat Kepolisian Air dan Udara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *