KPAI Datangi Koordinasi Kasus Puluhan Remaja Menjarah Distro

Image result for penjarah distro depok

TRIBRATA NEWS POLDA BANTEN – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendatangi Polres Depok untuk berkoordinasi kasus penjarahan yang melibatkan puluhan remaja di Kota Depok, Jawa Barat.

Komisioner KPAI, Jasra Putra diterima langsung oleh Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Depok Iptu Jajang Rachmat. Keduanya berkoordinasi terkait langkah-langkah hukum dalam penanganan anak di bawah umur.

“Pertama, kami menyayangkan tindakan pencurian yang dilakukan diduga sebagian anak di bawah umur. KPAI sudah melakukan koordinasi dengan Kanit PPA terkait langkah-langkah hukum anak di bawah umur. Karena dari pantauan kami kasus masih di bawah penanganan penyelidikan Reskrimum termasuk identifikasi usia pelaku dan status hukumnya,” ujar Jasra di Polres Depok, Senin (25/12).

Ia mengaku sempat menemui beberapa pelaku anak usia 17-18 tahun dan menanyakan peristiwa tersebut. “Satu anak menyatakan bahwa dia tidak mengetahui kejadian dan sedang tertidur di kosan yang disewa bersama-sama teman yang lain,” katanya.

Jasra mengimbau kepada para orangtua pelaku untuk mendampingi dan mendatangi Polres Depok karena sejauh ini belum ada orangtua yang menjenguk.

“Hal ini penting terkait proses langkah-langkah hukum yang cepat dilakukan. Sehingga hak-hak anak tidak ada yang dilanggar sesuai dengan Sistem Peradilan Pidana Anak,” bebernya.

Terkait pendampingan anak, KPAI sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PPA Kota Depok dan Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial RI untuk melakukan pendampingan anak di Polres Depok termasuk kemungkinan dilakukan rehabilitasi.

“Kita berharap Kota Depok sebagai kota laik anak agar melakukan deteksi dini terhadap kekerasan terhadap anak baik sebagai pelaku maupun korban. Karena kasus kekerasan anak dari kasus yang ditangani PPA Polres Kota Depok sepanjang 2017 ini setidaknya ada 300 kasus anak,” pungkasnya.

About

Check Also

5 Tersangka Pemalsu Hasil Swab dipelabuhan Merak, di Amankan Polda Banten

SERANG, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Banten ungkap kasus sindikat pemalsu surat hasil swab …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *